Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Dijadwalkan Ikut Berbaur dalam Pawai PKB

Kompas.com - 10/06/2016, 15:03 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo dijadwalkan ikut berbaur bersama duta kesenian yang akan tampil dalam Pawai Pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-38 di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandhi, Denpasar pada 11 Juni 2016.

"Jadi, Bapak Presiden tidak saja melepas pawai, tetapi rencananya juga ingin bersama-sama mengikuti pawai. Presiden rencananya akan naik mobil hias, ataupun bisa pula berjalan kaki dengan peserta pawai," kata Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Dewa Putu Beratha, di Denpasar, Jumat (10/6/2016).

Oleh karena ada permintaan Presiden seperti itu, menurut Beratha, rute pawai pun akan diubah. Pawai akan dimulai dari depan panggung kehormatan di depan Monumen Bajra Sandi - ke barat menyusuri Jalan Raya Puputan - Jalan Kusuma Atmaja (barat lapangan Puputan Margarana) - Jalan Cok Agung Tresna - dan berakhir di depan Dinas Kebudayaan Bali di Jalan Juanda.

"Perubahan rute pawai ini atas permintaan Bapak Presiden agar rutenya dibuat lebih panjang. Sementara Bapak Gubernur mengharapkan supaya Bapak Presiden bisa masuk dalam pawai sebelum kontingen terakhir," ucapnya.

Namun, lanjut Beratha, pada kontingen mana Presiden Jokowi akan masuk tentu teknisnya akan menyesuaikan dengan keinginan Presiden saat itu.

Dewa Beratha menambahkan, terkait dengan perubahan rute pawai juga sudah dikoordinasikan dengan aparat keamanan beserta Paspampres dan sudah dilakukan pengecekan. "Besok pagi pukul 08.00 Wita akan kembali dilakukan gladi pawai," ujarnya.

Sebelumnya rute pawai PKB direncanakan mengambil konsep "murwa daksina" atau putaran searah jarum jam (dari timur ke selatan) mulai dari depan Kantor Gubernur Bali ke timur lalu ke selatan mengitari Lapangan Puputan Margarana kemudian ke barat menuju panggung kehormatan di depan Monumen Bajra Sandhi.

KOMPAS/AYU SULISTYOWATI Seorang penari dari Sekaa Satya Kanthy, Desa Tegal, Kabupaten Bangli, Bali, mengajak penonton menari pada pementasan kesenian joged bumbung, di panggung Pesta Kesenian Bali XXXVI, Taman Budaya, Denpasar, Senin (7/7/2014).
Pawai PKB akan diikuti oleh 15 kontingen yakni dari ISI Denpasar, sembilan kabupaten/kota, partisipan luar negeri dari Perancis, India, dan Timor Leste, partisipan dari Nusa Tenggara Timur, dan ditutup dengan drumband dari Universitas Udayana.

PKB yang mengangkat tema "Karang Awak, Mencintai Tanah Kelahiran" itu, pawainya akan dilaksanakan mulai pukul 14.00 Wita dan diharapkan selesai paling lambat pukul 16.30 Wita.

Pesta kesenian tahunan masyarakat Bali itu akan berlangsung selama sebulan penuh dari 11 Juni - 9 Juli 2016 di Taman Budaya, Denpasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com