Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Bad Hair Day" Saat Liburan? Jangan Panik, Lakukan 5 Hal Ini

Kompas.com - 13/07/2016, 21:05 WIB
Yosia Margaretta

Penulis

KOMPAS.com - Rambut lepek adalah masalah bagi banyak perempuan. Ketika berpergian, terkadang kita hanya punya sedikit waktu atau bahkan tidak sempat keramas.

Jangan kuatir, ada beberapa trik yang bisa dilakukan agar Anda tidak bad hair day terlalu lama seperti dihimpun KompasTravel.

Dry Shampoo

Benda ini pasti sudah tidak asing banyak orang terutama perempuan. Apabila rambut Anda lepek dan tidak sempat keramas, cukup semprotkan dry shampoo di daerah kulit kepala yang berminyak. Gosok-gosoklah kulit kepala Anda. Dalam sekejap rambut lepek Anda akan hilang.

Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa blow akar rambut Anda dengan hairdyer agar rambut lebih bervolume. Dry shampoo bisa Anda dapatkan di apotek, toko perlengkapan bayi atau toko online.

shutterstock Ilustrasi.

Bedak bayi

Selain dry shampoo, bedak bayi bisa menjadi pilihan untuk Anda mengatasi rambut yang lepek. Taburkan bedak bayi ke kulit kepala, lalu gosok secara perlahan. Jangan menabur bedak terlalu banyak, karena bisa membuat kulit kepala Anda berbekas putih.

Sama seperti dry shampoo, Anda bisa blow rambut untuk hasil yang maksimal sehingga rambut tampak lebih mengembang.

shutterstock ilustrasi

Ikat Rambut / Kepang

Anda bisa menguncir rambut dengan gaya ponytail atau mengepang rambut untuk mengatasi rambut yang terlihat lepek. Untuk Anda yang memiliki rambut pendek dan tidak bisa dikuncir, cobalah jepit bagian poni dengan bobby pin.

Headband / Headscarf

Gunakan headband untuk menata rambut Anda agar tidak terlihat lepek. Selain itu, coba manfaatkan scarf untuk dijadikan headband dan menyingkap rambut Anda ke belakang.

Apabila rambut sudah terlalu lepek sampai ke batang rambut, Anda bisa menggunakan headband atau headscarf sebagai kunciran rambut.

SHUTTERSTOCK keramas

Keramas

Bagaimanapun, tetap luangkan waktu Anda setidaknya 2 hari sekali untuk keramas. Penggunaan dry shampoo ataupun baby powder yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan rambut. Kulit kepala harus dibersihkan secara rutin karena akan mengakibatkan penumpukan kotoran dan menyebabkan kerontokan pada rambut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com