Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini Ada Pawai Napak Tilas Proklamasi, Nonton Yuk!

Kompas.com - 16/08/2016, 05:27 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kegiatan pawai Napak Tilas Proklamasi akan menghiasi jalan-jalan di Kota Jakarta, Selasa (16/8/2016). Pawai akan diikuti oleh lebih dari 700 perserta dari berbagai kalangan mulai dari komunitas hingga keluarga pejuang.

"Rute Napak Tilasnya dari Museum Joang '45, Museum Perumusan Naskah Proklamasi dan Tugu Proklamasi. (Pesertanya) Komunitas, anak sekolah, dan umum sekitar 700-an orang dari peserta museum kami. Belum ditambah dari peserta yang terdaftar dari Museum Joang," kata Kurator Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jaka Perbawa saat dihubungi KompasTravel,  Senin (15/8/2016).

Adapun komunitas-komunitas yang melakukan Napak Tilas Proklamasi ini seperti Komunitas Sahabat Museum, Komunitas Historia, Keluarga Tokoh Bung Karno, Keluarga BM Diah, Keluarga Latoe Harhary, Keluarga Sayuti Malik, dan keluarga pahlawan kemerdekaan lain. Rute yang diambil juga merupaka rute yang bersejarah bagi kemerdekaan Indonesia.

"Lewat Jalan Imam Bonjol - Jalan Diponegoro - Jalan Proklamasi. Tentunya jalan itu bersejarah. Sepulang dari rumah Laksamana Maeda semua tokoh membubarkan diri. Jalur Diponegoro diambil karena rumah Bung Hatta di Jalan Diponegoro nomor 57," jelasnya.

KOMPAS.COM/TRI WAHYUNI Mobil dinas kepresidenan yang merupakan koleksi Museum Joang 45, ikut turun ke jalan untuk memeriahkan pawai, Jumat (16/8/2013).
Rombongan pawai rencananya akan mulai berjalan dari Museum Joang 45 pada pukul 14.30 WIB. Rombongan pawai dijadwalkan akan tiba di Museum Perumusan Naskah Proklamasi sekitar pukul 15.00 WIB.

"Semoga dengan napak tilas ini para peserta bisa merasakan semangat yang terkandung dalam peristiwa perumusan naskah Proklamasi, di mana para tokoh yang berasal dari beragam etnis, agama, golongan dan latar belakang bisa menepikan perbedaan demi satu tujuan kemerdekaan Indonesia. Keberagamaan tercermin dari peserta Napak Tilas nanti," ujar Jaka.

Kegiatan Napak Tilas Proklamasi ini telah sejak lama dilakukan oleh berbagai komunitas di Jakarta. Menurut Jaka, kegiatan ini telah dilakukan sejak tahun 1980.

Adapun penyelenggara acara Napak Tilas Proklamasi ini terdiri dari Direktorat Jenderal Kebudayaan, Direktorat Sejarah, Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Museum Joang 45, Dewan Harian Nasional Angkatan 45, dan Dewan Harian Daerah Angkatan 45.

Seperti pada tanggal 16 Agustus 2013, acara Napak Tilas Proklamasi juga dimulai dari Museum Joang 45, kemudian ke Museum Perumusan Naskah Proklamasi dan berakhir di Monumen Proklamator. Acara ini diikuti oleh lebih dari 1.000 orang yang terdiri dari komunitas, pelajar, pejuang veteran, dan masyarakat umum.

Rombongan melakukan perjalanan dengan bentuk barisan seperti pawai. Rute perjalanan sekitar lima kilometer ditempuh oleh peserta dengan berjalan kaki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com