Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Gerai “Hot Chocolate” yang Perlu Dikunjungi di Melbourne

Kompas.com - 10/09/2016, 17:35 WIB
Caroline Damanik

Penulis

MELBOURNE, KOMPAS.com – Warga Melbourne terkenal dengan kecintaannya pada kopi. Kedai kopi pun bertebaran di berbagai titik di ibu kota negara bagian Victoria ini.

Namun, jika Anda bukan penggemar kopi dan lebih menyukai nikmatnya cokelat, Anda harus mencoba sejumlah gerai yang menjual cokelat panas (hot chocholate).

Di sepanjang Swanston Street saja, salah satu jalan teramai di pusat kota Melbourne, ada sejumlah gerai yang menawarkan secangkir cokelat panas dengan cita rasa yang nikmat.

Saat musim dingin tiba, cokelat panas dan seseorang yang terkasih, atau paling tidak buku favorit atau gawai, jadi pasangan terbaik untuk mengusir dingin dan sendu.

Nah, jika sedang berada di Melbourne, jangan lewatkan mempir ke lima gerai cokelat panas berikut ini:

1. Hash Specialty Coffee and Roaster

Seperti namanya, menu utama dari kafe ini sebenarnya adalah kopi dan berbagai turunannya. Namun, kafe ini menyediakan satu-satunya menu cokelat panas yang nikmat lagi unik.

Saat pesanan datang, kegembiraan tersaji di atas baki dari kayu mirip talenan bergurat lambang “#” atau hastag (tagar).

KOMPAS.com/Caroline Damanik Gerai Hash Specialty Coffee and Roaster yang menjual cokelat panas lezat di Melbourne, Australia.
Cokelat panas yang mengandung 85 persen kakao disajikan di gelas kimia yang biasa dijumpai di laboratorium. Di sebelahnya, ada sebuah cangkir dengan kembang gula berwarna putih.

Jangan tunggu lama-lama, segera siramkan cokelat panas ke atas kembang gula tepat di atas cangkir. Tak perlu takut tumpah karena aliran cokelat yang panas akan membuat lubang di bagian atas kembang gula.

Sensasi minum “bak ilmuwan” terasa sempurna setelah meneguk 150 ml cokelat panas itu hingga tandas. Nikmatnya rasa pahit dan asam dari cokelat keluaran Mörk asal Swedia berpadu dengan rasa manis kembang gula.

Saking spesialnya, harga cokelat panas di kafe ini sedikit lebih mahal dari menu kopi yang ada. Tak akan menyesal membayar 6 dolar Australia untuk secangkir kenikmatan dari cokelat panas di Hash.

Di sini, cokelat panas biasa dinikmati dengan berbagai macam makanan, seperti french toast dan baked egg untuk sarapan, burger sapi dan iga sapi untuk makan siang atau croissant untuk kudapan sore hari.

Anda bisa memilih duduk di dalam ruangan yang bernuansa industrial atau di meja dan kursi yang dijejerkan di pinggir jalan sambil melihat orang-orang yang lalu lalang atau yang sedang antre menunggu giliran makan dan minum di Hash.

Alamat      : 113 Hardware St, Melbourne VIC
Jam buka   : 07.00-16.00 (weekday), 08.00-16.00 (weekend)

 

2. Koko Black

Koko Black adalah salah satu merk cokelat terkenal di Australia yang merupakan bisnis keluarga asal Melbourne. Gerainya tersebar di Melbourne, Canberra, Adelaide, Sydney dan Perth.

KOMPAS.com/Caroline Damanik Cokelat panas yang dibeli di salon Koko Black di Queen Victoria Market di Melbourne, Australia.
Di Melbourne, salon, sebutan untuk gerai mereka, ada di tujuh titik. Di setiap gerai, Koko Black juga menjual berbagai jenis cokelat, minuman, mousse, es krim, dan cake yang terbuat dari cokelat.

Khusus minuman, yang wajib dicoba adalah Belgian Hot Chocolate. Harum cokelat seketika menyeruak begitu pelayan memberikan cokelat panas pesanan. Harumnya tak pernah bohong. Saat diseruput, kandungan 54 persen dark chocolate, susu dan krim bakal memanjakan lidah. Teksturnya pun lembut dan creamy. Nikmatnya susah dilupakan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com