Kunci Sukses Tuan Rumah Konser Dunia, Singapura - Kompas.com

Kunci Sukses Tuan Rumah Konser Dunia, Singapura

Silvita Agmasari
Kompas.com - 07/09/2017, 08:04 WIB
Salah satu konser Coldplay dalam A Head Full of Dreams Tour 2016coldplay.com Salah satu konser Coldplay dalam A Head Full of Dreams Tour 2016

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pecinta musik di Tanah Air tak ragu merogoh tabungan untuk menonton konser dari penyanyi atau band idaman. Sekalipun konser impian tersebut diselenggarakan di negara tetangga, Singapura.

Singapura memang tuan rumah konser dari musisi kelas wahid dunia. Sebut saja band asal Inggris, Coldplay, yang konser pada Maret 2017. Juga band legendaris Foo Fighters dengan pentolannya Dave Grohl yang tampil belum lama ini di Singapura.

"Waktu konser Coldplay itu sedikitnya 20 persen penonton berasal dari Indonesia," kata Area Director Singapore Tourism Board di Indonesia, Raymond Lim saat ditemui di acara jumpa pers peluncuran slogan baru di Annex Building, Jakarta, Rabu (6/9/2017).

BACA: Luas Terminal 4 Bandara Changi Singapura Setara 27 Lapangan Bola

Lim mengungkapkan jika keberhasilan Singapura menyelenggarakan konser kelas dunia karena memperhatikan banyak hal. Dimulai dari pra konser, saat konser, dan setelah konser.

"Singapura ini negara hub jadi ada banyak penerbangan. Mudah didatangi oleh negara-negara lain seperti Indonesia, Malaysia, Thailand. Penontonnya tak cuma lokal," sebut Raymond.

Suasana National Stadium Singapore saat konser Coldplay, Maret 2017.Kompas.com/Silvita Agmasari Suasana National Stadium Singapore saat konser Coldplay, Maret 2017.

Kemudahan membeli tiket konser, akses menuju tempat konser, kualitas infrastruktur (tempat konser), logistik, kru, serta teknisi konser disebtukan Lim menjadi keunggulan Singapura sebagai tuan rumah konser dunia.

BACA: Nuansa India di Jantung Singapura

Lim juga menyebutkan saat konser selesai, penonton juga dimudahkan untuk kembali ke hotel atau masih ingin mencari hiburan dengan penyediaan akses transportasi.

"Kami (Singapura) itu kecil, jadi kami diberkati karena semuanya jadi begitu dekat. Selesai konser bahkan bisa langsung mengambil penerbangan pulang," kata Lim.

Beberapa lokasi konser terkenal di Singapura adalah National Stadium, Singapore Conference Hall, Victoria Theatre, The Star Performing Arts Center, Singapore Indoor Stadium, serta hall yang dikhususkan untuk pertunjukan musik.

PenulisSilvita Agmasari
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM