Tips Belanja di Pasar Tanah Abang - Kompas.com

Tips Belanja di Pasar Tanah Abang

Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja
Kompas.com - 08/11/2017, 21:03 WIB
Pengguna jalan melintas diantara Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berdagang di atas trotoar di Tanah Abang, Jakarta, Kamis (26/10/2017). Meskipun sudah ditertibkan, para PKL tersebut masih berjualan di atas trotoar dengan alasan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno telah berjanji tidak akan mengusir PKL di Jakarta.ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA Pengguna jalan melintas diantara Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berdagang di atas trotoar di Tanah Abang, Jakarta, Kamis (26/10/2017). Meskipun sudah ditertibkan, para PKL tersebut masih berjualan di atas trotoar dengan alasan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno telah berjanji tidak akan mengusir PKL di Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com – Pasar Tanah Abang merupakan salah satu pusat grosir tekstil di kawasan Jakarta Pusat. Tak hanya ramai dikunjungi masyarakat di Jakarta, Pasar Tanah Abang pun banyak menjadi incaran wisatawan dari luar Jakarta bahkan luar negeri.

Kondisi Pasar Tanah Abang kini sudah jauh berbeda jika dibandingkan tahun 1980-an. Saat ini Pasar Tanah Abang selalu buka dan ramai setiap harinya. Oleh karena buka setiap hari, banyak wisatawan yang berdatangan ke sana untuk sekedar berbelanja.

Baca juga : Belanja Oleh-oleh Haji di Tanah Abang, Cermati 3 Hal Ini

Namun, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum Anda berbelanja di Pasar Tanah Abang.

Pilih waktu yang pas untuk belanja

Para pedagang di wilayah Pasar Tanah Abang sudah mulai beraktivitas sejak dini hari. Mereka mulai membuka toko dan siap berjualan. Anda pun bisa datang sejak pagi hari. Biasanya ketika hari masih pagi, banyak pedagang yang berbaik hati memberikan potongan harga sebagai penglaris pertama.

Selain itu, jika Anda datang terlalu sore seperti halnya datang pukul 15.00 WIB, beberapa toko sudah bersiap untuk tutup. Rata-rata pedagang di sana akan menutup toko mulai pukul 16.00 WIB.

Jika tidak ingin terlalu berdesakan saat berbelanja, maka sebaiknya jangan datang di akhir pekan. Datanglah di hari biasa dari Senin hingga Jumat.

Buat daftar belanja

Sebelum Anda pergi, alangkah baiknya membuat daftar belanja atau mengingat dengan pasti barang apa saja yang akan dibeli.

Pasar Tanah Abang di setiap bloknya cukup luas, sehingga pastikan Anda tahu apa yang akan dibeli agar tidak menghabiskan banyak waktu.

Siapkan uang tunai

Rata-rata penjual di Tanah Abang tidak menyediakan mesin untuk debit atau kredit. Pembeli harus menyiapkan uang tunai untuk transaksi pembayaran.

Perlu diingat, jangan membawa uang tunai terlalu banyak. Jika habis, Anda masih bisa mengambil uang lagi sebab banyak pula gerai ATM di sana.

Bawa tas kecil dan tetap berhati-hati

Ketika niat berbelanja di Pasar Tanah Abang, sebaiknya menggunakan tas kecil, sehingga tidak harus membawa banyak barang. Bawalah barang-barang yang penting saja. Seperti halnya dompet, buku catatan kecil, dan ponsel.

Selain itu, sebaiknya simpan tas kecil di bagian depan, jangan di bagian belakang badan. Sebab, harus berhati-hati dari intaian copet yang berlalu lalang di pasar.

Membawa tas belanja bahkan koper

Ketika berbelanja dalam jumlah yang banyak, tentu Anda akan kerepotan sendiri saat membawa barang. Oleh karena itu, Anda bisa membawa tas belanja atau koper. Sehingga semua barang-barang yang sudah dibeli bisa dimasukkan semua ke dalam tas belanja, tanpa harus repot menenteng banyak kantong plastik.

Pakai busana yang nyaman

Lebih baik Anda menggunakan busana yang nyaman. Tujuannya agar Anda tidak repot dan merasa panas saat berbelanja. Walaupun kondisi beberapa gedung di Pasar Tanah Abang sudah menggunakan AC, namun ada baiknya Anda menggunakan pakaian dengan bahan yang mudah menyerap keringat seperti katun.

Makan

Seringkali ketika sudah berbelanja, Anda kelupaan makan untuk mengisi perut. Jangan bingung, karena di sekitaran Pasar Tanah Abang banyak penjual makanan. Mulai dari restoran hingga makanan yang dijual pedagang kaki lima seperti nasi, mie, hingga bakso yang dapat dinikmati.

Untuk Anda yang berbelanja di blok A dan blok B bisa pilih makanan yang ada di foodcourt gedung tersebut.

Jalin hubungan baik dengan penjual

Berbelanja tentu tak luput dari tawar-menawar harga. Menawar harga barang boleh saja. Asalkan Anda benar-benar akan membelinya. Selanjutnya, Anda bisa bertukar nomor ponsel untuk sekedar bersilaturahmi atau untuk mendapatkan informasi soal barang yang baru dirilis.

Biasanya, ketika penjual sudah berhubungan baik dengan pembeli, mereka akan memberikan potongan harga lebih besar atau memberikan bonus kepada pembeli.

Pilih transportasi umum

Kawasan Pasar Tanah Abang sehari-hari nampak lebih macet ketimbang daerah-daerah lainnya. Dari pada waktu Anda habis untuk bermacet-macetan untuk mencari parkir atau ingin keluar gedung parkir, disarankan menggunakan transportasi umum.

Anda bisa menggunakan Kereta Rel Listrik (KRL) hingga Stasiun Tanah Abang. Lalu juga menggunakan Transjakarta dan turun di halte Bundaran HI melalui koridor 1 (Blok M – Kota), lalu lanjutkan perjalanan dengan Kopaja, Metro Mini, atau Bajaj ke arah Pasar Tanah Abang.

Anda juga bisa memesan transportasi online seperti ojek dan mobil untuk menuju atau pun pulang dari Pasar Tanah Abang.

PenulisAnggita Muslimah Maulidya Prahara Senja
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM