Hai Mahasiswa! 5 Kota Pilihan untuk Liburan Setelah Sidang Skripsi - Kompas.com

Hai Mahasiswa! 5 Kota Pilihan untuk Liburan Setelah Sidang Skripsi

WIENDA PUTRI NOVIANTY
Kompas.com - 14/01/2018, 07:00 WIB
Ilustrasi travelingShutterstock Ilustrasi traveling

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah menyelesaikan skripsi atau tugas akhir, saatnya untuk berlibur. Anda bisa pergi bersama teman atau juga keluarga ke berbagai tempat wisata. 

Berbagai destinasi wisata di Indonesia pun bisa Anda sambangi dengan budget yang tergolong 'kantong mahasiswa'. Penasaran ke mana saja? Berikut KompasTravel himpun 5 kota yang bisa Anda jelajahi setelah sidang skripsi.

Penjual nasi tumpang, Harini (62) menyajikan nasi tumpang di Pasar Gede Hardjonagoro, Solo, Jawa Tengah, Jumat (22/7/2016). Nasi tumpang merupakan kombinasi olahan tempe busuk, tahu, dan daun bayam rebus.KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Penjual nasi tumpang, Harini (62) menyajikan nasi tumpang di Pasar Gede Hardjonagoro, Solo, Jawa Tengah, Jumat (22/7/2016). Nasi tumpang merupakan kombinasi olahan tempe busuk, tahu, dan daun bayam rebus.
1. Solo

Solo sebagai sebuah destinasi punya obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata kuliner, sejarah, dan budaya dapat ditemui di Kota Solo. Pasar Gede, Pasa Klewer, Lokananta dan Keraton Solo merupakan beberapa spot yang wajib Anda kunjungi.

Berbagai aktivitas seru bisa Anda lakukan bersama teman-teman mulai dari berburu batik di kampung batik, mengunjungi objek wisata bersejarah, mencicipi berbagai kuliner-kuliner legendaris di Pasar Gede hingga membeli oleh-oleh di Pasar Klewer.

Yang terpenting yaitu Kota Solo menjadi salah satu destinasi wisata yang relatif terjangkau di kantong mahasiswa.

Pekerja membersihkan rumput di kompleks Candi Ratu Boko, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (28/3/2011).  KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Pekerja membersihkan rumput di kompleks Candi Ratu Boko, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (28/3/2011).
2. Yogyakarta

Dikenal sebagai kota pelajar, kota ini juga menjadi salah satu destinasi wisata sangat cocok di kantong mahasiswa. Karena dijuluki sebagai kota pelajar, otomatis semua biaya hidup di Yogya akan relatif jauh lebih murah dibandingkan kota-kota lain.

Dengan budget yang minim, Anda  akan tetap bisa menjelajahi Kota Gudeg ini bersama teman. Berbagai destinasi wisata seru nan murah bisa Anda sambangi seperti berwisata belanja di Malioboro, menghampiri candi-candi cantik, hingga nongkrong di kafe-kafe murah di Yogyakarta.

Tak ketinggalan, Anda tak boleh melewatkan menyantap makanan khas Yogyakarta seperti  gudeg.

Pengunjung mengabadikan keindahan di lokasi wisata Bukit Cinta, Pasuruan, Jawa Timur, Sabtu (4/11/2017). Bukit Cinta menjadi alternatif menyaksikan matahari terbit di kawasan wisata Gunung Bromo.  KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Pengunjung mengabadikan keindahan di lokasi wisata Bukit Cinta, Pasuruan, Jawa Timur, Sabtu (4/11/2017). Bukit Cinta menjadi alternatif menyaksikan matahari terbit di kawasan wisata Gunung Bromo.
3. Malang

Kota Apel yang satu ini bisa menjadi alternatif untuk Anda berlibur melepas penat. Ditambah suasana Malang yang masih asri dah sejuk tentu membuat Anda betah berlama-lama di kota ini.

Berbagai spot wisata menarik mulai dari Curug Coban Rondo hingga Gunung Bromo bisa Anda kunjungi.

Yang tak boleh kelewatan, Anda mendapat kesempatan menyantap bakso khas Malang langsung dari kotanya. Selain kulinernya, kegiatan memetik apel langsung dari pohonnya juga tak boleh ketinggalan.

Kokohnya dinding Gunung Muria seolah menyambut kedatangan bagi siapa pun yang berkunjung ke Desa Ternadi, Kecamatan Dawe, Kudus, Jawa Tengah.TRIBUN JATENG/RIFQI GOZALI Kokohnya dinding Gunung Muria seolah menyambut kedatangan bagi siapa pun yang berkunjung ke Desa Ternadi, Kecamatan Dawe, Kudus, Jawa Tengah.
4. Kudus

Kudus, kota kretek satu ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang ramah di kantong mahasiswa. Tak perlu bingung karena di Kudus berbagai destinasi wisata seru bisa Anda sambangi seperti mengunjungi Gunung Muria, menikmati malam hari di Simpang Tujuh, mampir ke Museum Kretek hingga menikmati makanan khas Kudus yakni Lentog.

Jangan lupa untuk membawakan bingkisan berupa jenang kudus ke kerabat Anda.

Pemandangan Monumen Nasional (Monas) dari lantai 24 di Perpustakaan Nasional di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (8/11/2017). Perpustakaan Nasional dengan total 24 lantai dan tiga ruang bawah tanah merupakan gedung perpustakaan tertinggi di dunia. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGKOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pemandangan Monumen Nasional (Monas) dari lantai 24 di Perpustakaan Nasional di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (8/11/2017). Perpustakaan Nasional dengan total 24 lantai dan tiga ruang bawah tanah merupakan gedung perpustakaan tertinggi di dunia. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG
5.  Jakarta

Ibu kota sendiri nyatanya masih banyak menyediakan tempat wisata. Berbagai aktivitas nan seru dan anti-mainstream bisa Anda lakukan di Jakarta.

Sudah bosan berlibur ke mal? Anda bisa mencoba berpiknik di bawah rindangnya taman-taman di Jakarta. Sudah bosan belanja barang-barang kekinian? Anda bisa berburu barang antik di Jalan Surabaya.

Sudah bosan ngopi-ngopi di kafe-kafe kekinian? Anda bisa mencoba ngopi di berbagai kedai kopi legendaris seperti Es Kopi Susu Tak Kie.

Tak ketinggalan, Anda juga bisa merasakan keliling Jakarta gratis dengan Jakarta City Tour bus. Menikmati indahnya kota Jakarta dengan gedung-gedung pencakar langitnya, tentu sangat mengasyikkan.

Adapun, Anda bisa menyambangi Kepulauan Seribu sebagai salah satu spot wisata seru. Anda bisa mengunjungi berbagai pulau dengan keindahan alamnya tersedia mulai dari Pulau Bidadari hingga Pulau Harapan. Anda bisa bermain di pantain hingga snorkeling bisa Anda lakukan di sana.

PenulisWIENDA PUTRI NOVIANTY
EditorWahyu Adityo Prodjo
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM