5 Oleh-oleh Wajib Beli dari Bali - Kompas.com

5 Oleh-oleh Wajib Beli dari Bali

Kompas.com - 17/01/2018, 09:50 WIB
Kerajinan seperti patung jamur dan gajah di Pasar Seni Sukawati, Gianyar, Bali, yang diminati wisatawan.TRIBUN BALI/I PUTU DARMENDRA Kerajinan seperti patung jamur dan gajah di Pasar Seni Sukawati, Gianyar, Bali, yang diminati wisatawan.

JAKARTA, KOMPAS.com – Berlibur di Bali rasanya tak lengkap jika Anda tidak membawa buah tangan untuk keluarga di rumah atau pun kerabat.

Tidak hanya keeksotisan alam, tetapi Bali juga memiliki kuliner hingga suvenir yang bisa Anda beli menjadi oleh-oleh.

Berikut ini adalah rekomendasi oleh-oleh Bali yang dihimpun KompasTravel.

1. Pie Susu

Salah satu oleh-oleh yang banyak menjadi incaran wisatawan adalah pie susu. Kue yang memiliki rasa manis dengan adonan yang agak kering ini pun menjadi favorit wisatawan.

(Baca juga : 10 Tempat Wisata di Bali yang Banyak Dikunjungi Turis)

Salah satu merek pie susu yang terkenal adalah "Pie Susu Asli Enaaak". Pie ini sudah ada sejak 1989. Untuk bisa mendapatkan pie susu ini, memang agak sedikit sulit, sebab seringkali wisatawan kehabisan stok.

Pie susu, oleh-oleh khas Bali.KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F. Pie susu, oleh-oleh khas Bali.
Maka dari itu sebaiknya Anda memesan terlebih dahulu melalui telepon (0361) 263138. Setelah memesan, Anda pun bisa langsung mendatangi ke alamat Jalan Nangka Selatan Nomor 163, Denpasar.

Lalu ada cabang lainnya yang berada di Jalan Wahidin Nomor 35, Denpasar, dan Jalan Dewi Sri VIII Blok B-8 di pertokoan Kuta Plaza.

2. Pia Legong

Selain pie susu, pia legong pun rasanya perlu Anda coba. Pia legong merupakan makanan ringan khas Bali yang konon semua prosesnya dibuat tanpa bantuan mesin.

(Baca juga : 5 Destinasi Wisata di Karangasem, Wajib Mampir Kalau ke Bali!)

Ada tiga varian rasa untuk pia legong, yakni keju, cokelat, dan kacang hijau. Bagi Ingin membeli oleh-oleh ini? Anda bisa langsung datang ke toko Pia Legong di Jalan By Pass Ngurah Rai, Ruko Kuta Megah 15, Kuta, Bali.

Harganya sendiri mulai dari Rp 90.000 untuk satu dus dengan isi 8 buah. Sama halnya seperti pie susu, sebaiknya Anda memesan terlebih dahulu ke nomor (0361) 789 8777 sebelum datang ke sana.

Kopi Kintamani, kopi khas Bali.Kompas.com/ Robinson Gamar Kopi Kintamani, kopi khas Bali.

3. Kopi

Untuk para pecinta kopi, pastikan Anda mencoba kopi asli Bali. Salah satu produk biji kopi yang berkualitas di Indonesia atau bahkan di dunia yakni kopi kintamani.

Kopi kintamani dianggap memiliki rasa unik dengan sedikit aroma jeruk. Aroma tersebut muncul karena pohon kopi tersebut sistemnya tumpang sari. Terkadang pohon kopi tumbuh bersama tanaman lain seperti jeruk, kakao, dan lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa mampir ke kebun kopi yang ada di Bali, lalu membeli kopi asli Bali salah satunya berasal dari luwak. Beberapa kebun kopi terdapat di daerah Kintamani, Buleleng, dan Badung Utara.

4. Suvenir

Saat ke Bali, Anda bisa mencari barang atau suvenir untuk buah tangan. Seperti halnya baju barong yang tak lekang oleh waktu. Baju barong bisa Anda dapatkan di pasar tradisional seperti Pasar Sukawati atau Pasar Guwang. Harganya sendiri mulai dari Rp 10.000.

Pasar Seni Guwang di Kecamatan Sukawati, Gianyar, Bali.Kompas.com/Silvita Agmasari Pasar Seni Guwang di Kecamatan Sukawati, Gianyar, Bali.
Kemudian juga lukisan yang dibuat oleh seniman Bali. Lukisan juga bisa Anda beli untuk oleh-oleh dengan harga mulai Rp 50.000. Salah satu lukisan khas Bali yang perlu Anda beli adalah lukisan daun lontar.

Lalu juga bisa jadi pilihan lainnya adalah kebaya khas Bali. Anda bisa menemukannya di Jalan Sulawesi, Denpasar, yang merupakan sentra tekstil dan kebaya di Bali. Harga kebaya Bali brokat polos mulai Rp 50.000 per potong.

5. Salak

Selain jeruk bali, buah yang mudah Anda temukan adalah salak. Ada dua jenis salak dari Bali, yaitu salak gula dan salak biasa.

Salak bali (Salacca zalacca) dapat diolah menjadi minuman beralkohol jenis wine. Salak bali dari Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem, Bali, mempunyai rasa manis, asam, dan sepat.KOMPAS/COKORDA YUDISTIRA Salak bali (Salacca zalacca) dapat diolah menjadi minuman beralkohol jenis wine. Salak bali dari Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem, Bali, mempunyai rasa manis, asam, dan sepat.
Salak gula cocok untuk para pecinta manis, sebab rasanya manis juga legit. Harga per kilogram sekitar Rp 90.000.

Sementara salak biasa cocok untuk mereka yang suka rasa manis bercampur dengan rasa asam. Harganya salah biasa lebih murah dibandingkan dengan salak gula.

******************

Mau merasakan liburan seru ke Pulau Bali? Kali ini liburannya gratis dan ke destinasi anti-mainstream! Selama empat hari tiga malam, seluruh biaya peserta sudah ditanggung. Termasuk tiket PP Jakarta-Bali, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone OPPO F5.

Caranya mudah, ikuti photo competition 'Unforgettable Journey'. Klik link ini.


EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X