Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Ikan Modern Muara Baru Diharapkan Tarik Wisatawan

Kompas.com - 22/03/2019, 16:08 WIB
Sherly Puspita,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru yang baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo memiiki berbagai fasilitas untuk menunjang kenyamanan penjual dan pembeli dalam bertransaksi jual beli hasil laut.

Namun, Sekretaris Perusahaan Perum Perikanan Indonesia Agung Pamujo mengatakan, dibangunnya PIM Muara Baru tak hanya bertujuan untuk memindahkan penjual dari pasar tradisional yang tak higenis ke tempat baru yang lebih modern. Dibangunnya PIM Muara Baru juga bertujuan untuk menarik wisatawan.

“Nanti di ruko-ruko yang ada di lantai dua itu akan dijual berbagai suvenir dengan tema kemaritiman. Pengunjung nanti tidak hanya dapat membeli ikan, tapi juga melihat dan membeli berbagai suvenir di sana,” ujar Agung saat dihubungi Kompas.com, Kamis (21/3/2019).

Terdapat 155 ruko yang dibangun di lantai dua gedung yang sudah siap digunaan para pedagang. Namun saat ini baru beberapa ruko yang sudah mulai beroperasi.

Pasar Ikan Modern Muara Baru, Jakarta Utara, Kamis (21/3/2019).Kompas.com/SHERLY PUSPITA Pasar Ikan Modern Muara Baru, Jakarta Utara, Kamis (21/3/2019).
Baca juga: Mengenal Tsukiji, Pasar Ikan di Jepang yang Disebut Jokowi Mirip PIM Muara Baru

Agung mengatakan, saat ini PIM Muara Baru masih melakukan proses transisi dari pasar tradisional. Sehingga ruko-ruko tersebut ditargerkan akan beroperasi secara keseluruhan pada pertengahan tahun ini.

Tak hanya ruko, PIM Muara Baru juga memiliki food court di balkon samping gedung.

Meja-meja makan diletakkan di pelataran ruko lengkap dengan kursi-kursi plastik khas warung kaki lima. Sejumlah orang tampak memanggang ikan dan hewan laut lainnya di sekitaran tenda.

“Food court ini memang didesain lebih rapi agar pengunjung dapat menikmati masakan laut di sini. Pengunjung yang membeli ikan di lantai satu juga bisa membawanya ke food court dan dimasakkan oleh para pedagang,” papar Agung.

Food Court Pasar Ikan Modern Muara Baru, Jakarta Utara, Kamis (21/3/2019).Kompas.com/SHERLY PUSPITA Food Court Pasar Ikan Modern Muara Baru, Jakarta Utara, Kamis (21/3/2019).
Food Court Pasar Ikan Modern Muara Baru, Jakarta Utara, Kamis (21/3/2019).Kompas.com/SHERLY PUSPITA Food Court Pasar Ikan Modern Muara Baru, Jakarta Utara, Kamis (21/3/2019).

Ia berharap, dengan kehadiran food court ini, pengunjung bisa mendapatkan pengalaman hasil laut segar di atas rooftop gedung lengkap dengan pemandangan gedung-gedung di kawasan Jakarta Utara.

Menurut Agung, PIM Muara Baru cocok dijadikan salah satu destinasi wisata karena memiliki akses yang mudah.

“PIM Muara Baru ini kan letaknya sangat dekat dengan Rusun Muara Baru, jadi pengunjung bisa naik feeder (kendaraan pengumpan) transjakarta dari Halte Jakarta Kota ke Rusun, nanti tinggal jalan sedikit sudah sampai PIM. Bisa juga naik angkot U11,” kata Agung.

Tak hanya itu, di PIM Muara Baru pengunjung juga dapat berkeliling pasar dan melihat berbagai hasil laut dengan berbagai jenis dan ukuran yang mungkin jarang ditemui.

Saat mengunjungi PIM Muara Baru, Kompas.com terkesan dengan ikan-ikan patin dan cumi-cumi berukuran jumbo yang dijual. Kemudian ada juga ikan dengan beragam warna cantik yang jarang kami temui.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com