Mengenal Tsukiji, Pasar Ikan di Jepang yang Disebut Jokowi Mirip PIM Muara Baru

Kompas.com - 15/03/2019, 09:28 WIB
Pelelangan tuna menjelang pagi di Pasar Tsukiji, Tokyo.  AFP/ YOSHIKAZU TSUNO Pelelangan tuna menjelang pagi di Pasar Tsukiji, Tokyo.

 

KOMPAS.com – Melalui akun instagram pribadinya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ( Jokowi) foto dirinya saat berada di Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Jakarta Utara. Dalam foto tersebut, Jokowi bersyukur karena saat ini Indonesia telah memiliki pasar ikan yang bersih seperti Tsukiji yang ada di Jepang.

“Sudah lama saya ingin Indonesia punya pasar ikan besar dan modern seperti pasar ikan Tsukiji di Jepang – yang nyaman, tidak kotor, tidak becek, dan bau. Pada bulan Juli 2016, saya meminta Bu Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan, untuk mewujudkannya,” ujar Jokowi dalam unggahannya hari ini, Kamis (14/3/2019).

“Dua setengah tahun kemudian, Rabu 13 Maret kemarin, saya meresmikan Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Jakarta Utara. Alhamdulillah,” lanjutnya.

Menurut Jokowi, di atas lahan seluas 4,15 hektare di Muara Baru ini terdapat 896 unit lapak penjual ikan segar, 155 unit kios maritim, 8 food court, dan berbagai fasilitas penunjang lainnya.

Lalu benarkah PIM Muara baru mirip pasar ikan Tsukiji? Mari berkenalan dengan pasar ikan teresar di dunia ini.

Seorang pedagang tengah memilah ikan dagangannya di Pasar Ikan Muara Baru, Jakarta Utara pada Kamis (8/2/2018)KOMPAS.COM/Ardito Ramadhan D Seorang pedagang tengah memilah ikan dagangannya di Pasar Ikan Muara Baru, Jakarta Utara pada Kamis (8/2/2018)
Mengenal Pasar ikan Tsukiji

Tak salah rasanya jika pasar ikan terbesar di dunia ini berada di Jepang. Pasalnya, selama ini Jepang dikenal sebagai pasar terbesar di dunia dalam hal konsumsi ikan.

Pasar Tsukiji ini muanya terletak di distrik Ginza, Tokyo. Selain menjual ikan, pasar ini juga melayani grosir berbagai hasil laut dan juga pertanian.

Pasar ikan ini mulai beroperasi pada tahun 1935. Berbagai pedagang dari Nikonbashi mulai berjualan dan memulai aktivitasnya di Tsukiji.

Dari tahun ke tahun, aktivitas pasar ini mulai ramai dan menunjukkan produktivitas yang tinggi. Tsukiji menjadi pasar ikan terkenal dunia dengan 500 jenis hasil laut di dalamnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X