Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Oleh-oleh Haji dan Umrah di Pasar Tanah Abang, Ada Air Zamzam

Kompas.com - 13/06/2023, 20:12 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pasar Tanah Abang di Jakarta Pusat tidak hanya menjadi pusat grosir untuk produk tekstil, tetapi juga sebagai tempat beli oleh-oleh haji dan umrah.

Aneka produk oleh-oleh haji dan umrah yang diimpor langsung dari Tanah Suci bisa ditemukan di sejumlah toko. Harganya pun cukup murah dan bersaing antara satu toko dengan toko lainnya. 

Baca juga:

Sebagian besar toko oleh-oleh haji di Pasar Tanah Abang dapat ditemukan di Blok C dan Blok F. Namun, pembeli bisa juga belanja oleh-oleh haji di Blok A dan Blok B meski tidak terlalu banyak. 

 

Lantas, pa saja ragam oleh-oleh haji dan umrah yang ada di Pasar Tanah Abang?

Berikut beberapa produk yang populer dan banyak dicari, dari hasil pantauan Kompas.com saat berkunjung di lapangan, Rabu (7/6/2023). 

Oleh-oleh haji dan umrah di Pasar Tanah Abang

1. Aneka kurma

Toko oleh-oleh haji yang menyediakan kurma, air zam-zam, zaitun, hingga sajadah di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (7/6/2023).KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Toko oleh-oleh haji yang menyediakan kurma, air zam-zam, zaitun, hingga sajadah di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (7/6/2023).

Kurma adalah buah nabi yang disebut memiliki banyak khasiat dan sering dimakan saat bulan puasa. Buah satu ini juga sering dijadikan sebagai oleh-oleh sepulang haji dan umrah, ataupun untuk disajikan di rumah. 

Bila mencari aneka jenis kurma dalam jumlah banyak dan harga murah, kamu bisa belanja di Pasar Tanah Abang. Semua toko oleh-oleh haji dan umrah pasti menyediakannya. 

Kurma paling murah umumnya adalah jenis kurma mesir dengan kisaran harga Rp 25.000-Rp 50.000 per kilogram.

Lalu, ada kurma madinah Rp 35.000-Rp 50.000, kurma tunisia mulai Rp 80.000, kurma iran mulai dari Rp 90.000, hingga yang termahal biasanya kurma ajwa atau kurma medjool. Untuk kurma ajwa rata-rata dibanderol Rp 200.000-Rp 350.000 tergantung kualitas dan mereknya.

2. Aneka cokelat khas Turkiye

Aneka produk coklat Turki yang ada di salah satu toko oleh-oleh haji dan umrah, Elshanum, di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Aneka produk coklat Turki yang ada di salah satu toko oleh-oleh haji dan umrah, Elshanum, di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Cokelat khas Turkiye atau cokelat dari negara Timur Tengah lainnya sering dijadikan sebagai oleh-oleh sepulang haji atau umrah. 

Selain rasanya enak dan beragam, aneka coklat ini juga bisa diberikan dalam jumlah besar dan digemari semua usia.

Untuk harga satu kilogram coklat, dibanderol sekitar Rp Rp 80.000-Rp 200.000-an tergantung kualitas dan mereknya. 

Baca juga: Tempat Beli Oleh-oleh Haji di Pasar Tanah Abang, di Mana Lokasinya? 

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com