Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Wisata Baru di Yogyakarta, Cocok Buat Liburan Sekolah 

Kompas.com - 17/06/2023, 12:50 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Ada sejumlah tempat wisata baru di Yogyakarta yang menarik untuk dikunjungi saat libur sekolah. Tempat wisata tersebut dapat dikunjungi bersama anak-anak saat liburan sekolah.

Tempat wisata baru di Yogykarta itu menawarkan pemandangan alam, tempat foto Instagramable, koleksi satwa, dan sebagainya. Mengajak anak-anak ke tempat wisata tersebut bisa menjadi pilihan untuk mengisi liburan sekolah. 

Baca juga:

1. HeHa Forest 


Spot foto di HeHa Forest, wisata baru di Yogyakarta yang menawarkan sensasi berada di tengah hutan dengan beragam spot foto Instagramble
Dok. HeHa Forest Spot foto di HeHa Forest, wisata baru di Yogyakarta yang menawarkan sensasi berada di tengah hutan dengan beragam spot foto Instagramble

HeHa Forest merupakan obyek wisata bertema alam yang menawarkan suasana hutan yang dilengkapi dengan beragam spot foto Instagramable di kaki Gunung Merapi. Obyek wisata ini baru buka pada 17 April 2023 lalu. 

Spot foto ikonik di HeHa Forest adalah Bridge Me to The Moon, dimana pengunjung bisa berfoto dekat dengan replika bulan purnama dari sebuah jembatan. Selain itu, ada spot foto Gate of Fantasy, Evergreen Park, Bunny Zone, Teletubbies Dome, Forest Falls, dan Bamboo Tower.

Selain foto, pengunjung bisa mengikuti jeep Lava Tour Merapi dan menyantap aneka kuliner di Forest Resto. Jika mengajak anak-anak, mereka bisa bermain dengan 100 ekor kelinci di Bunny Zone.

Lokasinya berada di Jalan Kaliurang KM.22 Banteng, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman. Harga tiket masuk HeHa Forest sebesar Rp 20.000 per orang, namun belum termasuk sejumlah spot foto berbayar.

2. Obelix Village 

Kawasan Flower Garden di Obelix Village, Yogyakarta.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Kawasan Flower Garden di Obelix Village, Yogyakarta.

Obelix Village adalah tempat wisata keluarga bertema pedesaan. Obyek wisata ini baru buka pada  15 Oktober 2022 lalu.

Mengutip Kompas.com (27/1/2023), destinasi wisata ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti restoran, kolam ikan, flower garden, fasilitas berkuda, dan river deck atau spot foto di tepi sungai, dan sebagainya.

Pengunjung juga bisa menemukan mini zoo dengan berbagai koleksi satwa seperti burung, kuda, bebek, angsa, merak,kambing, kelinci, ular, dan sebagainya.

Tiket masuk Obelix Village adalah Rp 20.000 per orang, untuk berkeliling di semua area Obelix Village. Lokasinya berada di Krandon, Pandowoharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman. 

3. Suraloka Interactive Zoo 

Pengunjung Suraloka Zoo, Sleman, DIY.SHUTTERSTOCK/HARYANTA.P Pengunjung Suraloka Zoo, Sleman, DIY.

Suraloka Interactive Zoo adalah kebun binatang yang berada di kaki Gunung Merapi. Tepatnya, Jalan Boyong Nomor 97, Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman.

Melansir dari laman resminya, kebun binatang ini berdiri ada 2021 lalu. Ada sekitar 400 satwa di Suraloka Interactive Zoo, mulai dari mamalia, burung, ikan, reptil dan amfibi.

Selain koleksi satwa, kebun binatang ini memiliki Suraloka Orchid House untuk pengembangbiakkan anggrek. Obyek wisata ini juga dilengkapi dengan beragam wahana permainan dan edukasi sehingga cocok untuk libur sekolah bersama anak-anak.

Harga tiket masuk Suraloka Interactive Zoo adalah Rp 30.000 per orang, namun belum termasuk sejumlah wahana berbayar. Obyek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB.

Baca juga:

4. La Li Sa Farmer’s Village

La Li Sa Farmer?s Village adalah tempat wisata baru di Yogyakarta yang mengusung konsep pedesaan Eropa. 
Dok. Instagram @lalisajogja La Li Sa Farmer?s Village adalah tempat wisata baru di Yogyakarta yang mengusung konsep pedesaan Eropa.

La Li Sa Farmer’s Village adalah tempat wisata yang mengusung konsep pedesaan di Eropa. Obyek wisata ini baru buka pada 9 Desember 2022 lalu.

Pengunjung bisa menemukan sejumlah replika landmark Eropa, antara lain kincir angin, air terjun dan taman ala Italia, European Terrace, gudang ala Belanda (Barn), dan kereta kuda tradisional Suku Gipsi (Gypsy Wagon). Semua replika landmark Eropa tersebut menjad spot foto Instagramable bagi pengunjung.

Selain replika landmark Eropa itu, masih ada spot foto Instagramable lainnya seperti ayunan, rumah kayu, dan sebagainya. Berada di atas lahan seluas 1,5 hektar, La Li Sa Farmer’s Village menyajikan pemandangan hamparan sawah.

Sembari foto, pengunjung bisa menikmati aneka makanan dan minuman di restoran, coffe shop, dan food stall. Pengunjung harus pesan minimal Rp 25.000 di coffee shop untuk tiket masuk dan akses ke berbagai spot foto. 

Lokasi La Li Sa Farmer’s Village berada di Jalan Wates Km. 14, Klangon, Argosari, Sedayu, Bantul, Yogyakarta.

5. Little Tokyo 

Panorama alam dari Little Tokyo Jogjainstagram/Litto (Little Tokyo) Jogja Panorama alam dari Little Tokyo Jogja

Sesuai namanya, obyek wisata ini menghadirkan suasana Tokyo, Jepang di Yogyakarta. Lokasinya berada di Gunung Cilik, Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. 

Little Tokyo dibuka untuk umum pada 18 Desember 2021 lalu. Mengutip Kompas.com (7/1/2022), Little Tokyo memiliki fasilitas resort dan restoran dengan panorama indah.

Wisatawan yang berkunjung bisa merasakan sensasi bersantap di restoran dengan pemandangan tiga gunung sekaligus, yakni Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Sumbing. Selain menu khas Jepang, restoran ini menawarkan menu Nusantara dan western food.

Pengunjung juga bisa berfoto di berbagai spot Instagramable hanya dengan membeli tiket seharga Rp 30.000 per orang. Adapula kolam renang yang menawarkan pemandangan langsung Kota Yogyakarta dari ketinggian.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com