Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yogyakarta Perkuat Diri Jadi Destinasi Wisata Kesehatan dengan Hadirnya Laboratorium Epigenetika

Kompas.com - 19/06/2023, 21:36 WIB
Wisang Seto Pangaribowo,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memang dikenal sebagai destinasi wisata budaya dan alam.

Namun, nantinya tak hanya budaya dan alam yang bisa dinikmati wisatawan. Akan ada juga layanan kesehatan juga bisa dijadikan sebagai health tourism (wisata kesehatan).

Menurut Direktur Wisata Alam, Budaya, dan Buatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Alexander Reyaan, saat ini terdapat tiga destinasi wisata yang digaungkan sebagai destinasi wisata kesehatan.

Baca juga: Kaisar Jepang Dijadwalkan ke Yogyakarta, Keraton Akan Tutup Sementara

“Saat ini kami baru sementara fokuskan pada Yogyakarta, Solo, dan Bali. Ketiga daerah ini punya kekhususan dalam potensi wisata kesehatan yang berbeda-beda,” ujar dia.

Menyambut hal itu, Kepala Balai Laboratorium Kesehatan dan Kalibarasi Yogyakarta Woro Umi Ratih mengatakan bahwa salah satu kebutuhan untuk menyokong DIY sebagai destinasi kesehatan dan kebugaran adalah kelengkapan laboratorium.

Lengkapnya jenis laboratorium berbasis bioteknologi membiat peluang datang ke Yogyakarta lebih tinggi. Tak hanya memeriksakan kesehatan, tetapi juga bisa sekaligus berwisata.

"Yogyakarta, akhirnya punya laboratorium pertama yang bisa melakukan uji epigenetik. Ini akan mendorong orang tak harus pergi jauh ke kota besar atau luar negeri jika ingin mendapatkan layanan itu," kata dia saat peluncuran Uji Epigenetika Laboratorium Widya Genomic Nusantara, Senin (19/6/2023).

Menurut Woro, profiling epigenetik menjadi salah satu layanan yang belum banyak ditemui di kota-kota besar di Indonesia.

Apa itu epigenetika?

Ia menjelaskan, uji epigenetika bertujuan atau berfungsi untuk membantu seseorang mengetahui usia biologisnya.

Pengetahuan kondisi biologis ini menjadi indikator yang terbaik untuk menilai gaya hidup seseorang baik atau tidak, sehingga, membantu seseorang mengetahui hal hal apa yang perlu diperbaiki untuk bisa hidup lebih sehat.

Baca juga: Panduan Wisata HeHa Forest Yogyakarta, Hutan yang Instagramable

"Bagi pemerintah, penelitian epigenetik itu bisa membantu mengetahui bagaimana peta genetik masyarakat di suatu wilayah," ujar Woro.

Menurut dia dengan mengetahui peta genetik, masyarakat dapat membantu pemerintah dalam mengambil kebijakan pengurangan risiko penyakit.

"Untuk menyediakan laboratorium tidak mudah, butuh biaya yang besar. Tenaga kesehatan perlu dididik secara khusus, serta alat juga harus memadai," jelasnya.

Ilustrasi risetPEXELS/Edward Jenner Ilustrasi riset

Selain itu, sambung Woro, saat ini  belum banyak laboratorium yang khusus untuk memetiksa genetik seseorang.

"Sekarang Yogya memiliki satu," imbuhnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com