Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Itinerary ala Kaisar Jepang di Jakarta-Bogor, Kunjungi Kebun Raya dan Monas

Kompas.com - 21/06/2023, 23:01 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito dan Permaisuri Masako, bersama rombongan tengah melakukan lawatan ke Indonesia. Kunjungan kenegaraan tersebut dijadwalkan selama selama tujuh hari, sejak Sabtu (17/6/2023) sampai dengan Jumat (23/6/2023).

Baca juga:

Kunjungan ini merupakan rangkaian lawatan perdana Naruhito ke Indonesia sejak dinobatkan sebagai Kaisar Jepang ke-126 pada 2019. Selama berada di Indonesia, Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako mengunjungi sejumlah tempat di Jakarta, Bogor, Bekasi, Yogyakarta, dan Magelang.

Sejumlah tempat yang dikunjungi Kaisar Naruhito tersebut merupakan atraksi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Berikut itinerary ala Kaisar Jepang Naruhito di Jakarta-Bogor. Kamu juga bisa mendatangi tempat-tempat yang dikunjungi orang nomor satu di Jepang itu.

1. Depo MRT Lebak Bulus 

Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito bersama Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat berkeliling di Depo Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (18/6/2023) siang.(istimewa/dokumentasi PT MRT Jakarta) Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito bersama Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat berkeliling di Depo Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (18/6/2023) siang.

Rangkaian kunjungan Kaisar Kaisar Jepang  Naruhito dimulai dengan mendatangi Depo Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, pada Minggu (18/6/2023).

Perlu diketahui, bahwa proyek MRT fase 1 koridor Lebak Bulus-Bundaran HI merupakan kerja sama Indonesia dengan Jepang melalui Japan International Cooperation Agency (JICA). Tak heran, jika Kaisar Naruhito ingin melihat perkembangan proyek kerja sama dua negara itu.

Depo MRT Lebak Bulus merupakan tempat pemeriksaan, perawatan, dan perbaikan unit MRT Jakarta. Tentunya lokasi ini tidak bisa dikunjungi sembarang orang.

Namun demikian, masyarakat masih bisa mengunjungi Stasiun MRT Lebak Bulus. Selain itu, terdapat sejumlah tempat wisata di dekat Stasiun MRT Lebak Bulus seperti Hutan Kota Sangga Buana, Kebun Karida, dan Kebun Binatang Ragunan. 

2. Waduk Pluit 

Taman Kota Waduk Pluit, Jakarta UtaraShutterstock/Notara WG Taman Kota Waduk Pluit, Jakarta Utara

Masih pada hari yang sama, Kaisar Naruhito melanjutkan kunjungan ke Rumah Pompa Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara.

Waduk Pluit merupakan sebuah danau buatan seluas 80 hektare di Penjaringan, Jakarta Utara. Waduk Pluit memiliki peran sangat vital bagi warga Jakarta karena berfungsi mencegah banjir dengan menampung air utamanya saat musim hujan.

Waduk Pluit dibangun di awal 1960-an ini, telah direvitalisasi dan dinormalisasi. Usai revitalisasi, Waduk Pluit memiliki sebuah taman, yaitu Taman Kota Waduk Pluit.

Taman ini menjadi tempat wisata gratis masyarakat dengan pemandangan Waduk Pluit dengan panorama gedung bertingkat dari kejauhan.

Ada sejumlah pohon rindang serta rumput hijau di Taman Kota Waduk Pluit ini. Selain itu, ada lintasan jogging dan fasilitas olahraga yang dapat digunakan warga.

Baca juga:

3. Istana Bogor 

Foto stok: Istana BogorKOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Foto stok: Istana Bogor

Keesokan harinya, Senin (19/6/2023), Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi di Istana Bogor. Kedua pemimpin negara tersebut melakukan ramah-tamah.

Untuk diketahui, Istana Bogor awalnya merupakan tempat peristirahatan di luar Batavia (kini Jakarta) bagi pejabat Belanda yang dibangun pada  1745. 

Namun, setelah kemerdekaan fungsinya berubah menjadi kantor urusan kepresidenan serta kediaman resmi presiden Indonesia. Tentu saja, akses ke Istana Bogor sangat terbatas.

Namun, masyarakat umum bisa menyaksikan bangunan Istana Bogor dari Kebun Raya Bogor yang masih berada di dalam satu kawasan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com