Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Orang Hadiri Saloka Fest di Semarang, Ada Band Nasional dan 350 Tenant

Kompas.com - 26/06/2023, 07:20 WIB
Dian Ade Permana,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

UNGARAN, KOMPAS.com - Ribuan orang memadati gelaran Saloka Fest Music and Art yang digelar selama empat hari, mulai 22 hingga 25 Juni 2023. Penampilan musisi dan band papan atas turut memeriahkan pentas tersebut.

Ajang Saloka Fest ditutup dengan penampilan band Dewa 19 yang mengusung dua vokalis sekaligus, Ello dan Virzha. Sang frontman Ahmad Dhani pun turut menyanyikan "Aku Cinta Kau dan Dia".

"Ini lagu untuk yang pernah selingkuh. Saya ciptakan tahun 90-an," ungkapnya, di Saloka Theme Park Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Jawa Tengah, Minggu (25/6/2023).

Baca juga: Sejumlah Musisi Nasional Akan Ramaikan Saloka Fest 2023, Upaya Dongkrak Wisata Kabupaten Semarang

Kehadiran Dewa 19 seolah menjadi penawar rindu untuk para Baladewa yang telah menunggu sejak sore hari. Setiap lagu yang dinyanyikan, selalu ditimpali suara penonton karena mereka sudah hafal lagu-lagu Dewa 19.

Sebelum Dewa 19, pada Sabtu (24/6/2023) Yovie & Nuno, Fiersa Besari, dan Kahitna menjadi penghibur penggemar lagu-lagu romantis yang datang ke Lapangan Ijo Royo-royo Saloka.

Sementara Jumat (23/6/2023) Shaggy Dog dan Bravesboy menghentak dengan musiknya. Kunto Aji mengisi line up pada Kamis (22/6/2023).

HUT ke-4 Saloka Theme Park

GM Operations Saloka Theme Park Agustinus Haryanto mengatakan gelaran Saloka Fest diadakan dalam rangka hari jadi ke-4 taman wisata terbesar di Jawa Tengah tersebut.

"Karena itu kita mengundang artis nasional untuk turut menghibur pengunjung selama empat hari," ungkapnya.

Baca juga: Semarang Zoo Akan Kedatangan 2 Ekor Gajah Sumatera

Haryanto mengatakan bahwa sejak awal berdiri, Saloka bertekad memberikan kualitas wisata yang berkualitas.

Salah satu wahana di Saloka Theme Park, taman rekreasi yang berada di Semarang, Jawa TengahDok. https://salokapark.com/ Salah satu wahana di Saloka Theme Park, taman rekreasi yang berada di Semarang, Jawa Tengah

"Di sini ada 25 wahana di lahan seluas 12 hektar, terbagi dalam zona pesisir, zona balalantara, zona kamayayi, dan zona ekstrem, sehingga pengunjung bisa memilih sesuai keinginannya," ungkapnya.

Dia menuturkan, nama Saloka terinspirasi dari nama ayah Baru Klinting yang bernama Ki Hajar Salokantara.

Baca juga: Sejuknya Kali Odo, Wisata Air Unik di Kabupaten Semarang

"Seperti kita tahu, Baru Klinting adalah legenda di Rawa Pening. Karena itu disini kita juga ada Baru Klinting Show yang telah dimodifikasi dan dikemas sesuai tema agar mampu menularkan kebaikan dan nilai-nilai positif," paparnya.

Saloka Fest

Haryanto menegaskan bahwa Saloka Fest bertujuan memberikan pengalaman wisata yang berbeda untuk pengunjung serta daya ungkit ekonomi.

Keseruan di Saloka Theme Park Dok. Saloka Theme Park Keseruan di Saloka Theme Park

"Jadi ini kita tidak berdiri sendiri, ada 350 vendor dan tenant yang tergabung, termasuk UMKM di Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga, sehingga memberi dampak ekonomi yang cukup besar," kata Haryanto.

Salah satu penonton pada acara Saloka Fest 2023 bernama Andi asal Salatiga mengaku terkesan dengan penampilan Dewa 19.

Baca juga: Jadwal dan Harga Tiket KA Banyubiru Rute Semarang-Solo PP per 1 Juni 2023

"Sangat bagus, panggung dan lightingnya digarap serius. Saya senang lagu-lagu Dewa 19 karena menemani masa remaja saya dulu. Jadi ini semacam nostalgia dan untuk mengenang masa lalu, saya hafal semua lagu Dewa," ujarnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com