Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Panjang Idul Adha 2023, Kemenparekraf Imbau Masyarakat Berlibur

Kompas.com - 27/06/2023, 06:07 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.comLibur panjang Idul Adha 1444 Hijriyah akan segera tiba sebentar. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengimbau agar masyarakat memanfaatkan momen libur panjang ini. 

Seperti disampaikan oleh Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf Nia Niscaya, terdapat libur Idul Adha dan cuti bersama total tiga hari. 

"Sebentar lagi umat muslim akan merayakan Idul Adha atau lebaran haji. Ada tiga hari libur hari raya Idul Adha ini yang dapat digunakan bersama keluarga dan kerabat terdekat," ujar Nia dalam The Weekly Brief with Sandi Uno secara virtual, Senin (26/6/2023).

Baca juga: 10 Wisata di Dago Bandung yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Sekolah 

Pihaknya mendorong agar masyarakat bisa berlibur di Indonesia saja, untuk mendorong ekonomi lokal sembari membeli produk-produk dalam negeri. 

"Jangan sia-siakan waktu libur panjang untuk hanya tinggal di rumah saja. Gunakan libur bersama untuk berkeliling di Indonesia saja, sembari beli produk-produk kreatif lokal," ia menambahkan. 

Libur panjang Idul Adha lima hari

Sebagai informasi, pemerintah resmi menetapkan tanggal 28 dan 30 Juni 2023 sebagai cuti bersama Idul Adha 1444 Hijriah.

Penetapan cuti bersama tersebut diatur dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri No 624/2023, No 2/2023, No 2/2023 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023. 

Baca juga: 10 Tempat Wisata Gratis di Banten untuk Libur Sekolah, Bisa Naik Kano

Dengan ditambahnya dua hari cuti bersama Idul Adha 1444 Hijriah, adanya libur nasional hari raya Idul Adha 1444 Hijriah dan akhir pekan, jika digabung totalnya terdapat lima hari libur di akhir Juni sampai awal Juli 2023.

Masyarakat bisa memanfaatkan libur panjang Idul Adha sebanyak lima hari yaitu mulai 28 Juni, 29 Juni, 30 Juni, 1 Juli, sampai 2 Juli 2023. 

Salah satu program yang dikembangkan Kemenparekraf untuk mempromosikan pariwisata di Indonesia adalah meluncurkan E-Booklet "Mudik Jelajah Masjid #DiIndonesiaAja" dalam rangka menyambut musim mudik Idul Adha. 

Baca juga: 7 Tempat Liburan di Jakarta Utara, Bisa Piknik Gratis

Selain itu, untuk menyambut libur anak sekolah di waktu yang sama, masyarakat didorong untuk berkunjung ke 4.500 desa wisata di berbagai daerah di Indonesia. 

Adapun beberapa destinasi populer di wilayah Jakarta seperti Taman Impian Jaya Ancol, Kebun Binatang Ragunan, dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) juga bisa jadi wisata pilihan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com