Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Aktivitas Wisata di Titik Nol Kilometer Yogyakarta

Kompas.com - 27/06/2023, 11:48 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Titik nol kilometer Yogyakarta merupakan salah satu tempat wisata populer di Kota Yogyakarta yang tidak pernah sepi dari wisatawan.

Berada di jantung kota, titik nol kilometer Yogyakarta menjadi penentu jarak antara Kota Yogyakarta dengan kota-kota lainnya dalam satu provinsi, seperti dikutip dari laman Arsip dan Perpustakaan Kota Yogyakarta.

Baca juga:

Lokasinya berada di persimpangan yang mempertemukan empat ruas jalan, yaitu Jalan KH. Ahmad Dahlan dari sisi barat, Jalan Margo Mulyo dari sisi utara, Jalan Panembahan Senopati dari sisi timur, dan Jalan Pangurakan dari sisi selatan.

Secara administratif, titik nol kilometer Yogyakarta masuk dalam wilayah Kelurahan Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta.

Ada berbagai aktivitas wisata yang bisa kamu lakukan di titik nol kilometer Yogyakarta, sebagai berikut.

1. Nongkrong 

Kawasan pedestrian Titik Nol Km sisi Barat, KOMPAS.com / Wijaya Kusuma Kawasan pedestrian Titik Nol Km sisi Barat,

Titik nol kilometer Yogyakarta menjadi tempat yang pas untuk nongkrong sembari menikmati suasana Kota Gudeg. Terdapat area pedestrian yang lebar serta sejumlah bangku bagi pengunjung.

Wisatawan bisa menyaksikan lalu lalang kendaraan yang melintas, aktivitas masyarakat, dan bangunan-bangunan bersejarah di kawasan titik nol kilometer Yogyakarta.

Waktu paling pas buat nongkrong di titik nol kilometer Yogyakarta adalah sore dan malam hari agar menghindari terik matahari.

2. Hunting foto 

Jangan lewatkan untuk hunting foto di kawasan titik nol kilometer Yogyakarta. Ada banyak spot foto ikonik Kota Yogyakarta.

Misalnya, di depan bangunan bersejarah, bangku di area pedestrian, atau foto dengan latar belakang jalan raya. Kamu bisa hunting foto di titik nol kilometer Yogyakarta pada pagi hari, sore, ataupun malam hari.

Baca juga:

3. Kuliner 

Kawasan Teras Malioboro YogyakartaDok. https://terasmalioboro.jogjaprov.go.id/ Kawasan Teras Malioboro Yogyakarta

Kawasan titik nol kilometer Yogyakarta juga dekat dengan area kuliner. Wisatawan bisa mengunjungi Teras Malioboro 1 yang hanya berjarak 350 meter atau sekitar 5 menit jalan kaki.

Teras Malioboro 1 merupakan tempat relokasi pedagang kaki lima (PKL) Jalan Malioboro. Kamu bisa menemukan aneka macam kuliner di lokasi ini, mulai dari gudeg, sate koyor, lotek, bakso, mi ayam, dan masih banyak lainnya.

Tepat di seberang Teras Malioboro 1, wisatawan bisa menjumpai Pasar Beringharjo yang legendaris. Kamu bisa menemukan aneka kuliner khas Yogyakarta di Pasar Beringharjo.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com