Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaisar Jepang Mampir ke Yogyakarta, Kunjungi 3 Tempat ini

Kompas.com - 22/06/2023, 21:47 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Kompas.com

KOMPAS.com - Kaisar Jepang Naruhito mengunjungi Yogyakarta di sela kunjungannya ke Tanah Air. Raja Keraton Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono X turut menjamu kaisar di Keraton Yogyakarta.

Selain itu, Kaisar Jepang juga menyempatkan diri mengunjungi tempat lainnya, yakni Balai Teknik Sabo dan Candi Borobudur, yang meski terletak di Jawa Tengah namun dekat dengan Yogyakarta. Berikut ulasannya. 

Baca juga: Itinerary ala Kaisar Jepang di Jakarta-Bogor, Kunjungi Kebun Raya dan Monas

Tempat di Yogyakarta yang dikunjungi Kaisar Jepang

1. Keraton Yogyakarta

Kaisar Naruhito disambut Raja Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X di Keraton Yogyakarta, Rabu (21/6/2023)ISTIMEWA Kaisar Naruhito disambut Raja Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X di Keraton Yogyakarta, Rabu (21/6/2023)

Kaisar Jepang menyempatkan diei mampir ke Keraton Yogyakarta, Rabu (21/6/2023).

Dikutip dari Kompas.com, kedatangan kaisar disambut oleh pementasan Beksan Lawung atau tarian tertua yang dimiliki Keraton Yogyakarta.

Tarian ini kerap ditampilkan ketika keraton menerima kepala-kepala negara sahabat, seperti Kaisar Jepang. 

Baca juga: Berkunjung ke Keraton Yogyakarta, Kaisar Jepang Disambut Tarian Ciptaan Sultan Hamengku Buwono I

Beksan Lawung menceritakan adu ketangkasan prajurit bertombak, menggambarkan suasana berlatih perang dan adu ketangkasan dalam bermain tombak.

Gerakan-gerakan tariannya juga mengandung unsur heroik, patriotik, dan berkarakter maskulin.

2. Balai Teknik Sabo

Kaisar Jepang juga mengunjungi Balai Teknik Sabo untuk melihat perkembangan teknologi sabo yang berasal dari Jepang, seperti dikutip dari Kompas.com.

“Penerapan teknologi sabo dam ini merupakan salah satu hasil penting dari kerja sama Indonesia dengan Jepang yang sudah terjalin sejak 1958 di dalam kerangka Colombo Plan," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, seperti dikutip daei Kompas.com.

Baca juga: Mengenal Sabo Dam Hasil Kerja Sama Indonesia dengan Jepang

Adapun sabo adalah suatu teknik yang digunakan untuk mengantisipasi aliran debris dan pengendalian sedimen dalam suatu bentang alam, khususnya sungai pada gunung.

 

3. Candi Borobudur

Di sela kunjungan ke Yogyakarta, kaisar juga sempat mengunjungi Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

Dikutip dari Kompas.com, Kaisar Jepang tiba sekitar pukul 08.12 WIB dan kunjungannya berlangsung selama lebih-kurang 40 menit. 

Kaisar yang mengenakan kemeja batik motif truntum disambut oleh sejumlah pejabat dan jajaran direksi PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, serta Museum Cagar Budaya (MCB) Borobudur, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. 

Baca juga: 7 Penginapan Murah Dekat Candi Borobudur, Rp 100.000-an Per Malam 

Kaisar juga terlihat mengenakan sandal upanat alias alas kaki khusus yang digunakan saat naik ke zona 1 monumen Candi Borobudur.

(Reporter: Wisang Seto Pangaribowo, Ika Fitriana | Editor: Mikhael Gewati, Ardi Priyatno Utomo, Dita Angga Rusiana, Ardi)

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com