Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Tempat Liburan di Ternate, Ada Benteng Peninggalan Zaman Kolonial

Kompas.com - 22/06/2023, 16:56 WIB
Sania Mashabi,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Liburan di Kota Ternate, Maluku Utara, bisa memberi pengalaman menarik dan beragam. Ada banyak hal yang bisa dieksplorasi wisatawan, mulai dari tempat wisata alam hingga tempat wisata sejarah.

Baca juga:

"Kami punya danau, pantai, dan tempat wisata lainnya," kata salah satu Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Pariwisata Maluku Utara, Aziz Momada kepada Kompas.com di pameran Gebyar Wisata Nusantara 2023, Sabtu (10/6/2023).

Jika ingin berlibur ke Ternate ada beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi. Simak di bawah ini:

Rekomendasi tempat wisata di Ternate

1. Kedaton Ternate

Kedaton Sultan Ternate.DIREKTORI PARIWISATA KEMENPAREKRAF Kedaton Sultan Ternate.

Kedaton Ternate atau Museum Kedaton Kesultanan Ternate jadi tempat yang pas untuk mengetahui warisan Kesultanan Ternate. Lokasinya di Bukit Limau, Kota Ternate, Maluku Utara.

Dibangun pada tahun 1813, bangunan museum ini berbentuk segi delapan yang mirip seekor singa yang tengah duduk bertopang dengan kedua kaki depannya menghadap ke laut dengan latar Gunung Gamalama, sebagaimana dilaporkan oleh Kompas.com, Selasa (25/6/2013).

Salah satu koleksi unik di museum ini adalah mahkota sakral yang memiliki rambut yang tumbuh layaknya rambut manusia. 

Baca juga: Mengunjungi Museum Kedaton Sultan Ternate

2. Masjid Sultan Ternate

Masjid Sultan Ternate.WIKIMEDIA COMMONS/SULTAN AJI Masjid Sultan Ternate.

Masjid Sultan Ternate berada di kawasan Jalan Sultan Khairun, Kota Ternate, Maluku Utara. Tempat ibadah ini merupakan peninggalan Kesultanan Ternate.

Sejarah Masjid Sultan Ternate diperkirakan berawal sejak masa Sultan Zainal Abidin, namun ada pula yang meyakini bahwa masjid ini didirikan pada awal abad ke-17, yakni sekitar tahun 1606, pada masa kekuasaan Sultan Saidi Barakati.

Hinga saat ini belum ada bukti yang menunjukkan kapan pastinya Masjid Sultan Ternate didirikan, dilansir dari Kompas.com, Rabu (18/1/2023).

Baca juga: 5 Pantai di Maluku Barat Daya yang Wajib Dikunjungi, Pas untuk Liburan

3. Benteng Kalamata

Ilustrasi Benteng Kalamata di Ternate, Maluku Utara.Dok. Wikimedia Commons/Fabio Achilli Ilustrasi Benteng Kalamata di Ternate, Maluku Utara.

Benteng Kalamata menjadi saksi bisu peperangan antara bangsa Belanda dan bangsa Spanyol terkait perdagangan rempah pada zaman dahulu. 

Berlokasi di Ternate Selatan di Kota Ternate, Maluku Utara, Benteng Kalamata dibangun pada tahun 1540. Awalnya benteng ini dinamai Benteng Santa Lucia, lalu berganti menjadi Benteng Kayu Merah dan selanjutnya Benteng Kalamata.

Dikutip dari laman Direktorat Jenderal Kebudayaan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), nama "Kalamata" berasal dari nama seorang pangeran Ternate yakni Kaicil Kalamata.

Benteng yang menghadap ke arah laut ini memiliki bentuk segi empat dengan empat bastion.

Baca juga: 5 Aktivitas di Desa Wisata Welora Maluku, Cuci Mata di Bawah Laut

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com