Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Lengkap ke Museum MH Thamrin di Jakarta Pusat

Kompas.com - 22/06/2023, 12:09 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat menjelajahi daerah Senen, Jakarta Pusat, sempatkanlah ke Museum MH Thamrin. Bangunan museumnya lebih mirip seperti rumah karena dulunya merupakan kediaman seorang berkebangsaan Belanda bernama Maneer de Haas. 

Mulanya bangunan tersebut difungsikan sebagai tempat penyimpanan buah-buahan dan tempat pemotongan hewan. 

Baca juga: Museum MH Thamrin Jakarta: Jam Buka dan Tiket Masuk 2023

Selanjutnya pada 12 Maret 1927, bangunan ini dibeli oleh Mohammad Hoesni Thamrin (MH Thamrin). Bangunan itu pun lalu direnovasi dan dihibahkan untuk kepentingan masyarakat.

"Ketika gedung ini dijadikan sebagai museum, anak angkat MH Thamrin dan keluarganya menghibahkan barang peninggalan milik MH Thamrin ke sini untuk dijadikan koleksi," kata petugas Museum MH Thamrin, Dede Maulana kepada Kompas.com di lokasi, Rabu (21/6/2023).

Apabila dalam waktu dekat ingin berkunjung ke lokasi, simak panduan lengkap ke Museum MH Thamrin berikut.

Panduan lengkap ke Museum MH Thamrin di Jakarta

Jam buka Museum MH Thamrin

Berdasarkan informasi dari Dede, Museum MH Thamrin buka setiap hari kecuali hari Senin, mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. 

"Bisa datang langsung (ke museum), kalau rombongan tidak perlu mengirim surat terlebih dahulu," katanya.

Replika kereta yang digunakan untuk membawa jenazah MH Thamrin di Museum MH Thamrin.KOMPAS.com/ Suci Wulandari Putri Replika kereta yang digunakan untuk membawa jenazah MH Thamrin di Museum MH Thamrin.

Harga tiket masuk Museum MH Thamrin

Pengunjung yang datang ke museum secara perorangan akan dikenakan biaya tiket masuk mulai dari Rp 2.000 untuk kalangan pelajar, mulai dari Rp 3.000 untuk kalangan mahasiswa, dan mulai dari Rp 5.000 untuk kalangan dewasa.

"Kalau datang bersama rombongan minimal 30 orang akan diberi diskon tiket masuk 25 persen," kata Dede. 

Adapun harga tiket masuk ke Museum MH Thamrin dalam bentuk rombongan yakni mulai dari Rp 1.500 untuk kalangan pelajar, mulai dari Rp 2.250 untuk kalangan mahasiswa, dan mulai dari Rp 3.750 untuk kalangan dewasa.

Baca juga: Cara ke Museum MH Thamrin, Naik KRL dan TransJakarta

Rute transportasi ke Museum MH Thamrin

  • Cara ke Museum MH Thamrin naik KRL

Stasiun KRL terdekat dari Museum MH Thamrin adalah Stasiun Cikini. 

Calon pengunjung yang datang dari arah Bogor dan Depok bisa naik KRL tujuan akhir Stasiun Jakarta Kota, kemudian langsung turun di Stasiun Cikini. 

Sementara itu, calon pengunjung yang datang dari arah Lebak dan Tangerang Selatan, bisa naik KRL tujuan Stasiun Tanah Abang lalu transit menuju Stasiun Manggarai. Di Stasiun Manggarai, pindah kereta dengan tujuan akhir Stasiun Jakarta Kota, lalu turun di Stasiun Cikini.

Calon pengunjung yang datang dari arah Bekasi, bisa naik kereta ke Stasiun Jatinegara. Setelah itu transit ke kereta tujuan Stasiun Manggarai. Di Stasiun Manggarai, pindah kereta dengan tujuan akhir Stasiun Jakarta Kota, lalu turun di Stasiun Cikini. 

Jarak Stasiun Cikini dan Museum MH Thamrin yakni sekitar 1,7 kilometer. Perjalanan dari Stasiun Cikini ke Museum MH Thamrin bisa dilanjutkan dengan naik ojek daring sekitar enam menit.

Halte TransJakarta terdekat dari Museum MH Thamrin yaitu Halte Salemba UI.

Bus TransJakarta yang melayani penumpang di Halte Salemba UI, antara lain Transjakarta Nomor 5C rute PGC-Juanda, TransJakarta Nomor 5D rute Ancol-PGC 1, Transjakarta Nomor 5 rute Matraman-Ancol, dan PRJ2 rute Matraman Baru- JIExpo Kemayoran.

Adapun jarak antara Halte Salemba UI ke Museum MH Thamrin yakni sekitar 800 meter. Calon pengunjung bisa jalan kaki sekitar 15 menit, atau bisa juga naik ojek daring ke lokasi.

Baca juga: 5 Tips Berkunjung ke Museum Multatuli, Baca Sejarah Dahulu

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com