Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Mana Lokasi Pantai Jodo? Bisa Lihat Kereta Api Lewat di Tepi Laut 

Kompas.com - 06/07/2023, 13:48 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Bagi pencinta wisata pantai, apakah kamu pernah mendengar nama Pantai Jodo? Namanya memang belum begitu populer, sehingga masih ada pertanyaan dimana lokasi Pantai Jodo?

Ternyata, Pantai Jodo berada di Desa Sidorejo,Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah. Selain di Kabupaten Batang, nama pantai serupa yakni Pantai Jodoh bisa dijumpai di Sampang, Madura dan Banjarmasin, Kalimantan Timur.

Baca juga:

Kali ini, kita akan membahas mengenai Pantai Jodo di Batang, Jawa Tengah. Berikut ulasan lokasi Pantai Jodo Batang, daya tarik, dan harga tiket.

Lokasi Pantai Jodo 

Seperti disampaikan sebelumnya Pantai Jodo berada di Desa Sidorejo,Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Dari Alun-alun Batang, jaraknya sekitar 46 kilometer (km), atau sekitar satu jam berkendara.

Jika berangkat dari Kota Semarang, wisatawan bisa melalui Jalan Tol Semarang-Batang selama sekitar 1 jam 30 menit. Pantai Jodo berada di perbatasan antara Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal.

Jalan menuju ke lokasi Pantai Jodo sudah bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

Bisa lihat kereta melintas di Pantai Jodo 

Pantai Jodo di Kabupaten Batang, JatengTribunJateng.com/Budi Susanto Pantai Jodo di Kabupaten Batang, Jateng

Pantai Jodo merupakan salah satu wisata pantai populer di Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Daya tarik Pantai Jodo adalah barisan pohon cemara yang sangat rindang serta hamparan pasir halus yang berwarna kecoklatan. Wisatawan bisa duduk pada bangku-bangku yang tersedia di bawah pohon cemara sembari menikmati pemandangan laut utara Jawa.

Dalam kawasan Pantai Jodo, terdapat sebuah bukit batu yang bernama Bukit Cinta. Dari atas bukit ini, pengunjung bisa menyaksikan kereta api yang melintas di bibir pantai, seperti dikutip dari laman Pemerintah Kabupaten Batang.

Baca juga:

Perpaduan pemandangan laut, kereta api yang melintas, pohon cemara, serta bukit batu menyajikan panorama indah yang menjadi daya tarik Pantai Jodo. Pemandangan kereta api melintas di tepi laut itu sempat viral di media sosial.

Bagi penumpang kereta api rute Jakarta-Semarang, pastinya akan melintas di Pantai Jodo sehingga  bisa menyaksikan pemandangan laut dari dalam gerbong.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com