Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Wisata Dekat Tugu Tani Jakarta, Ada Monas dan Sarinah

Kompas.com - 15/07/2023, 22:35 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Tugu Tani atau Patung Pahlawan merupakan salah satu ikon DKI Jakarta yang sarat nilai sejarah. Ada sejumlah wisata dekat Tugu Tani Jakarta yang dapat dikunjungi saat melintasi landmark ibu kota tersebut.

Tugu Tani yang merupakan hadiah dari pemerintah Uni Soviet kepada Presiden Soekarno, melambangkan perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan Irian Barat, yang dikuasai Belanda hingga 1963.

Baca juga:

Bentuk Tugu Tani adalah figur seorang wanita, bersanggul dan mengenakan kebaya. Patung wanita itu tampak memberikan bekal makanan kepada figur seorang pria yang berdiri tegak dengan mengenakan caping. 

Patung pria itu tampak membawa senjata laras panjang lengkap dengan belati. 

Bentuk fisik Tugu Tani itu, menggambarkan seorang ibu yang mendukung serta melepas anaknya pergi berperang demi mempertahankan Irian Barat. Sebelum berangkat ke medan perang, sang ibu membekali anaknya dengan makanan dan harapan.

Wisata dekat Tugu Tani Jakarta 

Berikut sejumlah destinasi wisata dekat Tugu Tani Jakarta, seperti dihimpun Kompas.com.

1. Monas 

Monumen Nasional.Dok. Shutterstock/Leonid Andronov Monumen Nasional.

Tugu Tani sangat dekat dengan ikon wisata ibu kota, yakni Monumen Nasional (Monas). Jaraknya hanya sekitar 650 meter sehingga bisa dijangkau dengan jalan kaki selama 2 menit.

Monas terdiri dari tiga bagian, yakni Pelataran Bawah atau Pelataran Cawan, Pelataran Puncak, dan Lidah Api. Pengunjung bisa menyaksikan banyak benda bersejarah di Monas termasuk diorama berbagai peristiwa bersejarah di Indonesia.

Monumen setinggi 132 meter itu, didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari Belanda.

2. Sarinah

Ruang terbuka hijau SarinahSarinah Ruang terbuka hijau Sarinah

Sarinah adalah pusat perbelanjaan pertama di Indonesia, yang baru selesai direnovasi. Usai bersolek, Sarinah menjadi salah satu tempat nongkrong favorit di ibu kota.

Pengunjung bisa menjumpai beberapa tempat seru di Sarinah, seperti  amphitheater, skydeck, museum, galeri foto, dan relief peninggalan era Presiden Soekarno.

Kawasan Sarinah juga kerap menjadi tempat wahana unik atau instalasi unik yang dipasang berkala. Terbaru, pengunjung bisa menjumpai instalasi uji nyali Insidious: The Red Door yang digelar pada 11-19 Juli 2023.

Jarak dari Tugu Tani ke Sarinah hanya sekitar 2,8 km atau 9 menit berkendara.

Baca juga:

3. Halte Transjakarta Bundaran HI  

Salah satu pengunjung yang berfoto di sky deck halte Bundaran HI yang baru saja direvitalisasi dan diresmikan pada Sabtu (15/10/2022). Dok. Ngabila Salama Salah satu pengunjung yang berfoto di sky deck halte Bundaran HI yang baru saja direvitalisasi dan diresmikan pada Sabtu (15/10/2022).

Bergeser sedikit dari Sarinah, kamu bisa menjumpai anjungan atau sky deck Halte Transjakarta Bundaran HI. Dari lokasi sky deck ini, pengunjung bisa foto dengan latar belakang Bundaran Hotel Indonesia (HI) yang ikonik.

Sky deck brada di lantai dua Halte Transjakarta Bundaran HI. Sementara lantai pertama tetap berfungsi sebagai ruang penumpang Transjakarta.

4. Taman Ismail Marzuki (TIM)

Foto stok: Taman Ismail Marzuki (TIM)KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Foto stok: Taman Ismail Marzuki (TIM)

Tempat wisata dekat Tugu Tani selanjutnya adalah Taman Ismail Marzuki (TIM). Pengunjung bisa menjumpai aneka atraksi menarik di TIM, seperti galeri seni, planetarium, pusat pelatihan seni, museum, teater, perpustakaan, wisma seni, dan masih banyak lagi.

Dari Tugu Tani ke TIM hanya berjarak 1,4 km atau sekitar 5 menit berkendara.

TIM menjadi pilihan tempat untuk nongkrong sore di ibu kota. Selain berbagai aktivitas menarik, kamu bisa menemukan beragam kuliner di kawasan ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com