Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istana Buckingham di Inggris Dibuka untuk Turis sampai September 2023

Kompas.com - 18/07/2023, 07:08 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Istana Buckingham di London, Inggris, dibuka untuk kunjungan wisatawan sampai bulan September 2023, tepatnya dari Jumat (14/7/2023) hingga Minggu (24/9/2023). 

"Tahun ini, setelah Penobatan bulan Mei, pengunjung akan bisa menikmati tampilan khusus berupa busana yang dikenakan oleh Raja Charles III dan Ratu Camilla selama Penobatan," bunyi keterangan dari laman resmi Kerajaan Inggris, dikutip Senin (17/7/2023).

Baca juga: Inggris Raya Akan Terapkan Biaya Masuk mulai Rp 186.000

Adapun pakaian tersebut berupa mantel dengan lambang bunga Inggris yang dipakai oleh Raja Charles III, serta gaun putih dengan desain bunga bersulam perak dan emas yang dikenakan oleh Ratu Camilla.

Tidak hanya busana, pengunjung juga bisa melihat kalung berlian dengan liontin Lahore Diamond 22 karat yang dipakai oleh Ratu Camilla. Kalung tersebut dibuat pada tahun 1858.

Baca juga: Manchester di Inggris Terapkan Pajak Turis mulai Rp 18.000 per 1 April

"Saya rasa cukup bagus karena pengunjung akan bisa melihat detail sulaman (gaun Ratu Camilla) karena jarak dengan kamera televisi dan upacara (Penobatan), gaun tersebut tidak selalu memungkinan untuk dilihat," tutur kurator Royal Collection Trust, Sally Goodsir, dilansir dari Daily Mail.

Adapun Royal Collection Trust merupakan pihak yang menangani pameran busana di Istana Buckingham tersebut.

Baca juga: 3 Julukan Inggris, Pengaruh Revolusi Industri hingga Sepak Bola

Raja Inggris Charles III dan Ratu Camilla menyapa massa dari balkon Istana Buckingham usai upacara penobatan di London, Sabtu, 6 Mei 2023. AP/Frank Augstein Raja Inggris Charles III dan Ratu Camilla menyapa massa dari balkon Istana Buckingham usai upacara penobatan di London, Sabtu, 6 Mei 2023.

Kendati demikian, mahkota yang dikenakan oleh Raja Charles III dan Ratu Camilla tidak termasuk dalam tampilan tersebut. 

Puas mengamati busana dan perhiasan, pengunjung Istana Buckingham juga bisa menjelajahi 19 State Room yang digunakan untuk acara-acara kerajaan. 

Kemudian mereka bisa mengunjungi taman yang kerap dijadikan lokasi Pesta Kebun tahunan.

Baca juga:

Pengunjung yang ingin ke Istana Buckingham dianjurkan untuk memesan tiket terlebih dahulu di situs web resminya. Tarifnya mulai 30 pound sterling (sekitar Rp 587.627) untuk pengunjung dewasa, serta gratis untuk anak usia di bawah lima tahun.

Sebagai informasi, Istana Buckingham adalah kantor pusat Kerajaan Inggris, sekaligus kediaman Raja dan Ratu Inggris di London. 

Sejak tahun 1993, istana ini telah dibuka untuk umum pada periode tertentu yakni selama musim panas. 

Baca juga: Arti Platinum Jubilee di Inggris dan Fakta Menarik Ratu Elizabeth II

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com