Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Persiapan Wajib Sebelum Wisata ke Arab Saudi, Jangan Lupa Tukar Uang

Kompas.com - 20/07/2023, 15:03 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Maskapai Lion Air bekerja sama  dengan Saudi Tourism Authority menghadirkan Umrah Travel Fair 2023 untuk mengajak wisatawan Indonesia berkunjung ke Arab Saudi.

Corporate Communications Strategic of Lion air Danang Mandala Prihantoro mengatakan, wisatawan saat ini umumnya lebih mengenal Arab Saudi sebagai tempat ibadah semata.

"Bayangan mengenai umrah itu bagi sebagian orang hanya untuk kalangan yang datang dalam bentuk grup ibadah. Padahal bisa juga datang ke Arab Saudi tanpa grup," kata Danang kepada Kompas.com di Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Rabu (19/7/2023).

Baca juga:

Bagi wisatawan asal Indonesia yang hendak bepergian ke Arab Saudi tanpa grup, ada baiknya mengetahui persiapan apa saja yang harus dibawa di luar syarat berkas administrasi.

Persiapan wajib sebelum ke Arab Saudi

Kompas.com merangkum beberapa persiapan penting bila hendak ke Arab Saudi, berdasarkan informasi dari Country Manager South East Asia, Saudi Tourism Authority, Szahlin Ahmad:

1. Tukar uang dengan Saudi Riyal

Sebelum berangkat ke Arab Saudi, ada baiknya wisatawan menukar mata uang rupiah ke mata uang lokal Arab Saudi, yaitu Saudi Riyal 

Di beberapa toko yang ada di Arab Saudi umumnya hanya melayani transaksi non-tunai. Maka dari itu, sebaiknya siapkan uang tunai sebelum berwisata di arab Saudi.

Ada juga mesin ATM yang bisa ditemui di Al Ula untuk penarikan uang tunai. Akan tetapi sayangnya mesin ATM di sana tidak melayani penukaran mata uang.

Baca juga: Arab Saudi Terbitkan Visa Elektronik untuk Umrah

Oleh sebab itu itu, wisatawan disarankan untuk menukar uang di Riyadh atau di Bandara Internasional King Abdulaziz di Jeddah. 

2. Pelajari bahasa dasar

Sebelum bepergian untuk tujuan wisata ke Arab Saudi, ada baiknya wisatawan mempelajari bahasa dasar atau bahasa sehari-hari di Arab Saudi.

Riyadh, salah satu destinasi wisata di Arab Saudi.Dok. Saudi Tourism Authority. Riyadh, salah satu destinasi wisata di Arab Saudi.

Bahasa yang digunakan di Arab yakni bahasa Arab, wisatawan bisa mempelajari beberapa sapaan sederhana seperti ucapan "marhaba" untuk sapaan "halo", dan ucapan "shukran" untuk kata "terima kasih".

Baca juga: 10 Fakta Visa Transit Arab Saudi, Bisa Umrah dan Ziarah

Di samping sapaan bahasa Arab, bahasa Inggris sebagai bahasa internasional juga wajib dipahami.

3. Siapkan peralatan elektronik 

Penting diketahui bahwa colokan listrik yang digunakan di Arab Saudi yaitu colokan tipe G. Maka dari itu, siapkan colokan yang sesuai untuk mengisi daya ponselmu selama di Arab.

Masmak, destinasi wisata di Arab Saudi.Dok. Saudi Tourism Authority. Masmak, destinasi wisata di Arab Saudi.

Selain itu, di beberapa spot tertentu, seperti hotel, memang menyedikan fasilitas akses internet.

Baca juga: Lion Air Tambah Frekuensi Penerbangan Umrah dari Padang-Arab Saudi

Namun, wisatawan disarankan untuk membeli kartu seluler lokal dari penyedia telekomonikasi yang bisa ditemui di Riyadh ataupun di Bandara Internasional King Abdulaziz, Jeddah. 

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com