Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Terbitkan Paspor atas Nama Raja Charles III, Pertama Kalinya sejak 1952

Kompas.com - 21/07/2023, 15:35 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber BBC

KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya sejak tahun 1952, Inggris menerbitkan paspor yang mencantumkan nama His Majesty atau Yang Mulia (Raja Charles III) mulai minggu ini. 

Sekretaris Negara Urusan Dalam Negeri Inggris, Suella Braverman, pada Selasa (18/7/2023) menyampaikan, momen tersebut merupakan momen bersejarah.

Baca juga:

"Selama 70 tahun, Her Majesty (Ratu Elizabeth II) muncul di paspor Inggris dan banyak dari kami tidak akan ingat momen ketika beliau tidak tampil. Hari ini menandakan momen penting dalam sejarah Britania Raya, lantaran (jadi) paspor Inggris pertama sejak tahun 1952 yang menampilkan gelar His Majesty," terang Braverman, dikutip dari laman resmi Pemerintah Inggris, Jumat (21/7/2023).

Sebagai informasi, di bagian dalam paspor Inggris lama terdapat halaman yang bertuliskan, "Her Britannic Majesty's Secretary of State requests and requires in the name of Her Majesty..." (Sekretaris Negara Yang Mulia Ratu meminta dan mewajibkan, atas nama Yang Mulia Ratu...).

Baca juga: Inggris Raya Akan Terapkan Biaya Masuk mulai Rp 186.000

Ilustrasi bagian dalam paspor Inggris. Bagian Her Majesty akan diganti menjadi His Majesty.Dok. Shutterstock/jason cox Ilustrasi bagian dalam paspor Inggris. Bagian Her Majesty akan diganti menjadi His Majesty.

Adapun di paspor yang baru, bagian Her Majesty di halaman tersebut akan diganti menjadi His Majesty

Dilansir dari BBC, Jumat (21/7/2023), paspor "Her Majesty" yang sudah terbit lebih dulu akan tetap berlaku hingga masa kedaluwarsa paspor. 

Pembaruan paspor ini termasuk proses transisi dari Ratu Elizabeth II, yang mangkat pada awal September 2022, ke Raja Charles III. Selain paspor, stempel dan koin juga sudah memuat figur Raja Charles III.

Baca juga:

Uniknya, meski gelarnya ada di paspor, Raja Charles III tidak akan membutuhkan paspor. Menurut konvensi, raja tidak perlu membawa paspor saat bepergian karena paspor adalah dokumen yang dikeluarkan atas namanya sendiri.

Adapun paspor bertuliskan gelar "His Majesty" terakhir kali terjadi pada masa pemerintahan Raja George VI yang berakhir pada tahun 1952.

Baca juga: Ratu Elizabeth II Wafat, Lagu Kebangsaan Inggris Kembali Jadi God Save The King

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com