Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Wisata Pantai di Pangkalpinang, Bisa Lihat Jembatan Emas

Kompas.com - 25/07/2023, 21:45 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Pangkalpinang merupakan ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang berbatasan langsung dengan lautan. Tak heran, ada sejumlah wisata pantai di Pangkalpinang dengan panorama indah.

Sebagian besar wisata pantai di Pangkalpinang memiliki ombak yang tenang serta hamparan pasir putih. Jadi, pengunjung bisa berwisata dengan aman di bibir pantai. 

Baca juga:

Wisata pantai di Pangkalpinang

Kompas.com merangkum sejumlah wisata pantai di Pangkalpinang sebagai berikut. 

1. Pantai Pasir Padi 

Pantai Pasir Padi Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (15/5/2021).KOMPAS.COM/HERU DAHNUR Pantai Pasir Padi Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (15/5/2021).

Pantai Pasir Padi adalah salah satu pantai populer di Pangkalpinang yang banyak dikunjungi wisatawan. Keunikan Pantai Pasir Padi adalah keberadaan deretan pohon cemara yang batangnya dililit kain khas Bangka bernama cual, seperti dikutip dari Kompas.com (31/3/2023)

Daya tarik Pantai Pasir Padi adalah hamparan pasir putih sepanjang 2 kilometer (km) serta ombak yang tenang. Jadi, pengunjung bisa melakukan beragam aktivitas wisata di bibir pantai dengan aman.

Lokasi Pantai Pasir Padi di Jalan Pantai Pasir Padi, Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung. Jaraknya dari pusat kota sekitar 10 km, atau 20 menit berkendara.

2. Pantai Koala

Pantai Koala Pangkalpinang, Jumat (1/1/2021).KOMPAS.com/HERU DAHNUR Pantai Koala Pangkalpinang, Jumat (1/1/2021).

Pantai Koala adalah lokasi favorit warga Pangkalpinang untuk menyaksikan Jembatan Emas yang merupakan salah satu ikon Bangka Belitung, seperti dikutip dari Kompas.com (3/1/2021).

Tak heran jika Pantai Koala selalu ramai dikunjungi wisatawan utamanya saat liburan. Mereka duduk santai di tepi pantai sembari melihat lalu lalang kendaraan yang melintas di atas Jembatan Emas.

Selain itu, Pantai Koala dipenuhi dengan pepohonan cemara sehingga bisa menjadi tempat berteduh pengunjung. Air laut Pantai Koala yang berwarna biru jernih, bersanding dengan hamparan pasir putih.

Pantai Koala adalah  gerbang masuk Pelabuhan Pangkal Balam. Dari pusat Kota Pangkalpinang, jarak menuju ke Pantai Koala sekitar 5 km atau 22 menit berkendara.

3. Pantai Tanjung Bunga 

Pantai Tanjung Bunga di Pangkalpinang, Bangka BelitungDok. https://wonderful.pangkalpinangkota.go.id Pantai Tanjung Bunga di Pangkalpinang, Bangka Belitung

Pantai Tanjung Bunga berada di sebelah selatan Pantai Pasir Padi, tepatnya di Air Itam, Kecamatan Bukit Intan, Kota Pangkalpinang.

Daya tarik Pantai Tanjung Bunga adalah keberadaan batu-batuan indah yang tersusun rapi, seperti dikutip dari Wonderful Pangkalpinang. Di kawasan pantai, terdapat perbukitan yang memiliki panorama indah lautan lepas.

Dari bukit itu, wisatawan juga bisa menyaksikan hilir mudik kapal keluar masuk Pelabuhan Pangkal Balam. Pantai di Pangkalpinang ini dilengkapi dengan Tanjung Bunga Circuit and Town Square (TAC TOS) dan gedung pameran.

Baca juga:

4. Pantai Pukan 

Pantai Pukan di Pangkalpinang, Bangka BelitungShutterstock/ Ahmad Naufal Fawwaz Pantai Pukan di Pangkalpinang, Bangka Belitung

Pantai Pukan merupakan pantai populer di Pangkalpinang maupun Provinsi Bangka Belitung. Daya tarik Pantai Pukan adalah hamparan pasir putih yang luas dan air biru jernih, seperti dikutip dari laman Direktori Pariwisata.

Ombak Pantai Pukan cukup tenang, sehingga aman bagi wisatawan yang ingin berenang maupun bermain di tepi pantai. Pengunjung bisa bermain voli pantai, naik ATV mengelilingi pantai, atau sekadar duduk santai di atas hamparan pasir.

Pantai Pukan berada di Jalan Lintas Timur, Selindung, Kecamatan Gabek, Pangkalpinang, Kabupaten Bangka. Dari pusat kota, wisatawan perlu menempuh jarak sekitar 16 kilometer (km) atau 24 menit berkendara.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com