Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tempat Wisata Alam di Pangkalpinang, Ada Banyak Pantai 

Kompas.com - 25/07/2023, 11:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Wisata alam Pangkalpinang bisa menjadi alternatif destinasi liburan saat berkunjung ke Provinsi Bangka Belitung. Pangkalpinang merupakan ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kota ini berada di timur Pulau Bangka serta berbatasan langsung dengan lautan lepas. Kondisi geografis tersebut, menjadikan Pangkalpinang memiliki sejumlah wisata alam utamanya pantai.

Baca juga:

Wisata alam di Pangkalpinang

Kompas.com merangkum sejumlah tempat wisata alam di Pangkalpinang sebagai berikut. 

1. Pantai Pukan

Pantai Pukan di Pangkalpinang, Bangka BelitungShutterstock/ Ahmad Naufal Fawwaz Pantai Pukan di Pangkalpinang, Bangka Belitung

Pantai Pukan merupakan pantai populer di Pangkalpinang maupun Provinsi Bangka Belitung. Daya tarik Pantai Pukan adalah hamparan pasir putih yang luas dan air biru jernih, seperti dikutip dari laman Direktori Pariwisata.

Ombak Pantai Pukan cukup tenang, sehingga aman bagi wisatawan yang ingin berenang maupun bermain di tepi pantai. Pengunjung bisa bermain voli pantai, naik ATV mengelilingi pantai, atau sekadar duduk santai di atas hamparan pasir.

Pantai Pukan berada di Jalan Lintas Timur, Selindung, Kecamatan Gabek, Pangkalpinang, Kabupaten Bangka. Dari pusat kota, wisatawan perlu menempuh jarak sekitar 16 kilometer (km) atau 24 menit berkendara.

2. Pantai Temberan 

Pantai Temberan di Pangkalpinang, Bangka BelitungDok.Dok. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Pantai Temberan di Pangkalpinang, Bangka Belitung

Tepat di sebelah Pantai Pukan, wisatawan bisa menjumpai Pantai Temberan. Alamatnya di Jalan Lintas Timur, Desa Air Anyir, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka.

Pantai ini memiliki karakteristik serupa dengan Pantai Pukan, yakni pasir putih dan ombak yang tenang. Wisatawan juga akan dimanjakan dengan pemandangan batu karang dan pepohonan cemara di kawasan pantai, seperti dikutip dari Bangka Pos Tribun News.

Para nelayan juga kerap menyandarkan perahu di Pantai Temberan. Dengan karakteristik ombak yang tenang, Pantai Temberan menjadi salah satu spot favorit untuk camping alias berkemah.

3. Pantai Pasir Padi 

Pantai Pasir Padi Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (30/10/2021).KOMPAS.com/HERU DAHNUR Pantai Pasir Padi Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (30/10/2021).

Salah satu keunikan Pantai Pasir Padi adalah keberadaan deretan pohon cemara yang batangnya dililit kain khas Bangka bernama cual, seperti dikutip dari Kompas.com (31/3/2023).

Pantai berpasir putih ini beralamat di Jalan Pantai Pasir Padi, Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung. Jaraknya dari pusat kota sekitar 10 km, atau 20 menit berkendara.

Konon, nama Pantai Pasir Padi karena berkaitan dengan program penanaman padi di dekat pesisir pantai pada zaman Hindia Belanda. Daya tarik hamparan pasir putih sepanjang 2 km serta ombak yang tenang.

Baca juga:

4. Pantai Koala

Pantai Koala Pangkalpinang, Jumat (1/1/2021).KOMPAS.com/HERU DAHNUR Pantai Koala Pangkalpinang, Jumat (1/1/2021).

Pantai Koala selalu ramai dikunjungi wisatawan utamanya saat liburan. Dari lokasi pantai, pengunjung bisa menyaksikan Jembatan Emas yang merupakan salah satu ikon Bangka Belitung, seperti dikutip dari Kompas.com (3/1/2021).

Daya tarik lainnya adalah pepohonan cemara yang berada di pesisir pantai sehingga bisa menjadi tempat berteduh pengunjung. Air laut Pantai Koala yang berwarna biru jernih, bersanding dengan hamparan pasir putih.

Dari pusat Kota Pangkalpinang, jarak menuju ke Pantai Koala sekitar 5 km atau 22 menit berkendara. Pantai yang menjadi gerbang masuk Pelabuhan Pangkal Balam tersebut, berada di lokasi strategis sehingga mudah dijangkau wisatawan.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com