Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tempat Wisata di Jeddah, Ada Situs Warisan Dunia UNESCO

Kompas.com - 28/07/2023, 07:35 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada banyak tempat wisata dan kegiatan yang bisa dinikmati wisatawan di Jeddah, Arab Saudi. Mulai dari beragam pertunjukan musik hingga ajang olahraga internasional, salah satunya Saudi Arabian Grand Prix.

 

"Selain bisa umrah, orang-orang juga akan menemukan banyak sekali acara menarik kekinian di Arab Saudi, seperti halnya di Jeddah," kata Country Manager Southeast Asia, Saudi Tourism Authority, Shazlin Ahmad kepada Kompas.com di Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Rabu (19/7/2023).

Baca juga:

Bila sedang berada di Jeddah dan bingung mau berkunjung ke mana, simak rekomendasi tempat wisata di Jeddah yang Kompas.com rangkum dari panduan wisata resmi Saudi Tourism Authority.

 

Rekomendasi tempat wisata di Jeddah

1. Central Fish Market

Ilustrasi Central Fish Market di Jeddah, Arab Saudi.Dok. Visit Saudi Ilustrasi Central Fish Market di Jeddah, Arab Saudi.

Jeddah terkenal akan aneka hasil tangkapan lautnya. Wisatawan yang hendak mendapatkan ikan segar dari Laut Merah, jangan lewatkan kunjungan ke Central Fish Market.

Sebagai pusat pasar ikan di Jeddah, di tempat ini wisatawan akan menemukan beragam ikan segar, antara lain king fish, kepiting, udang, lobster, kerapu, tuna, dan cumi.

Selain menyediakan area untuk membeli ikan mentah, tempat ini juga menyediakan restoran yang menerima permintaan untuk langsung mengolah ikan yang baru saja dibeli di pasar.

Baca juga: Wisata ke Moon Valley di Jeddah, Bisa Apa Saja?

2. Pantai Jeddah

Lanskap pantai di Jeddah, Arab Saudi.Dok. Shutterstock/Osama Ahmed Mansour Lanskap pantai di Jeddah, Arab Saudi.

Berkat suhu hangat di Laut Merah, pantai di Jeddah bisa dikunjungi setiap musimnya.

Di pantai tersebut terdapat jasa sewa peralatan aktivitas pantai, misalnya jetski, hingga peralatan untuk olahraga air, seperti scuba diving dan snorkeling.

Baca juga: 8 Tempat Wisata di Mekkah dan Jeddah, Cocok untuk Wisata Setelah Umrah

3. Sharm Obhur

Wisatawan yang menyenangi olahraga bahari, seperti scuba diving ataupun snorkeling, wajib ke Sharm Obhur.

Saat berkunjung ke tempat tersebut, wisatawan bisa menikmati pemandangan aneka terumbu karang, kura-kura, lionfish, dan ikan "nemo" (clownfish).

Perlu diketahui, di area ini terkadang juga muncul hiu banteng yang termasuk langka di dunia. Maka dari itu, pastikan wisatawan didampingi oleh pemandu yang sudah mengerti kondisi laut di tempat ini.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Asir di Arab Saudi, Ada Desa yang Usianya 3 Abad

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com