Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute ke Basecamp Pendakian Telomoyo via Arsal, Beda dengan Jalur Motor

Kompas.com - 31/07/2023, 13:26 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com ­– Berwisata ke Gunung Telomoyo di Jawa Tengah, mungkin sebagian orang mengira hanya bisa naik kendaraan sampai ke puncaknya.

Namun, ternyata Gunung Telomoyo punya sisi lain yang menyuguhkan sensasi pendakian dengan berjalan kaki.

Jika ingin menjajal pendakian Gunung Telomoyo, maka jalurnya bukan via Dalangan atau Pagergedog yang merupakan jalur kendaraan.

Baca juga: Harga Tiket dan Jam Buka Pendakian Telomoyo via Arsal

Jalur pendakian Gunung Telomoyo adalah via Arsal yang berada di Dusun Salaran, Desa Tolokan, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Meski sama-sama jalur menuju kawasan puncak, jalur pendakian via Arsal tidak mencapai puncak tertinggi (Puncak Tower).

Puncak Ismoyo di Gunung Telomoyo via Arsal.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Puncak Ismoyo di Gunung Telomoyo via Arsal.

Puncak Ismoyo adalah titik tertinggi jalur pendakian Telomoyo via Arsal. Memang ada jalan setapak ke puncak, tetapi tidak direkomendasikan.

“Untuk sampai ke Puncak Tower kita tidak rekomendasikan karena aksesnya curam,” kata pengelola Basecamp Pendakian Telomoyo via Arsal bernama Eko Salaran, Minggu (30/7/2023).

Rute ke Basecamp Telomoyo via Arsal

Basecamp Pendakian Telomoyo via Arsal tidak jauh dari pintu masuk via Dalangan. Nantinya sebelum loket, belok kanan di pertigaan.

Lurus terus, nanti Basecamp Telomoyo via Arsal ada di rumah joglo sebelah kanan dari jalan desa.

Rute lain adalah melalui jalan utama Ngablak-Kopeng. Terus lurus ke arah timur dari pertigaan menuju pintu masuk Dalangan.

Terus lurus dan saat sampai di pertigaan kanan jalan, ambil jalan lurus. Kemudian belok kiri di gang kiri jalan setelah pertigaan.

Baca juga: Aktivitas di Taman Langit Telomoyo, Bisa Ngopi Santai

Terus lurus dan ikuti jalan desa, nanti Basecamp Telomoyo via Arsal ada di kiri jalan yang berupa rumah joglo denga halaman luas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com