Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Kopi Manggarai di Ruteng 4-6 Agustus, Bisa Ngopi hingga Belanja Tenun

Kompas.com - 06/08/2023, 12:07 WIB
Nansianus Taris,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Festival Kopi Manggarai digelar selama 4-6 Agustus 2023 di kawasan Parkir Katedral Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sebanyak 32 UMKM lokal dengan berbagai varian produk turut meramaikan gelaran ini. Sebanyak 12 UMKM di antaranya adalah UMKM kopi dari Kabupaten Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur, Ngada, dan Ende.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Vinsensius Jemadu menyampaikan bahwa event merupakan salah satu instrumen untuk memulihkan perekonomian daerah.

" Kualitas yang ada di dalam event adalah sebuah nilai tambah dari sisi ekonomi UMKM, sosial budaya kearifan lokal, dan tentunya juga aspek keberlanjutan lingkungan," tegas Vinsen, Sabtu (5/8/2023).

Baca juga:

Vinsen menambahkan, gelaran ini tak hanya berdampak pada penjualan produk UMKM yang berpartisipasi, tetapi juga pada okupansi hotel dan penginapan, sentra kulinera, serta sentra oleh-oleh yang ada di Ruteng.

Bupati Manggarai, Herybertus Nabit berharap, penyelenggaraan event memberi dampak bagi para pelaku UMKM, hotel, kuliner, serta pelaku usaha lainnya, sehingga terjadi peningkatan ekonomi.

Selain itu penyelenggaraan event juga dapat memberi tambahan hiburan bagi masyarakat.

"Saya berharap penyelenggaraan Festival Kopi ini dapat secara maksimal dimanfaatkan oleh para pelaku usaha yang ada di Kota Ruteng dan sekaligus memberi hiburan bagi masyarakat," Herybertus.

Baca juga:

Pantauan Kompas.com, wisatawan lokal, Nusantara, hingga mancanegara tampak antusias mengunjungi booth-booth UMKM di Festival Kopi itu. Ada yang meminum kopi, membeli kopi biji, dan membeli tenun.

@kompastravel Kurang lebih seperti itu ya guys gambaran pengeluaran untuk ke Banda Neira.. Kamu tinggal menyesuaikan saja dengan jumlah hari dan lain-lain. Kalau mau beli oleh-oleh, harganya bervariasi sesuai produk yak. Gambarannya, gelang kain di Rp. 35.000, gantungan kunci di Rp. 20.000, tenun khas ambon ukuran kecil Rp 85.000 Jadi, kapan nih kamu betolak ke Banda Neira? #bandaneira #bandaneiramaluku #wisatamaluku #travelbudget ? Ghibli-style nostalgic waltz - MaSssuguMusic
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com