Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Dapat Tiket Pesawat Murah untuk Liburan, Hindari Harpitnas

Kompas.com - 06/08/2023, 14:11 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selain membuat rencana perjalanan selama liburan, salah satu hal penting yang perlu dipertimbangkan yaitu tiket pesawat.

Entah itu liburan sendirian ataupun bersama keluarga, penting untuk mengetahui bagaimana strategi mendapatkan harga tiket pesawat murah.

Berikut beberapa tips yang bisa dicoba demi meningkatkan peluang mendapat tiket pesawat murah untuk liburan.

Baca juga:

Tips dapat tiket pesawat murah untuk liburan

1. Pesan tiket pesawat jauh hari

Pada saat gelaran ANA Travel Fair 2023, salah satu tokoh publik yang hadir sebagai narasumber Ringgo Agus Rahman mengatakan, sebaiknya tiket pesawat untuk liburan dipesan jauh hari sebelum keberangkatan.

"Biasanya saya pesan tiket pesawat untuk liburan itu setidaknya enam bulan sebelumnya," kata Ringgo saat ANA Travel Fair 2023 di Central Park, Jakarta, Kamis (3/8/2023).

2. Pilih periode low season

Senior Manager agen perjalanan WITA, David Putra, mengatakan bahwa tiket pesawat biasanya cenderung lebih murah pada saat low season.

"Tiket pesawat murah itu pada saat low season, kalau bulannnya (waktunya), hindari bulan-bulan liburan," kata David kepada Kompas.com saat ANA Travel Fair 2023 di Central Park, Jakarta, Kamis (3/8/2023).

Baca juga:

Ia melanjutkan, periode liburan di Indonesia berlangsung saat libur Lebaran, libur akhir tahun, dan momen liburan anak sekolah.

"Kalau mau cari tiket pesawat yang tidak mahal, usahakan cari tiket pada masa-masa di luar season tersebut," katanya.

Tips senada diberikan oleh Marketing Partnership Section Head Golden Rama, Raditya DK. Jika mencari tiket pesawat murah, ia menyarankan untuk memesan perjalanan dengan tanggal setelah libur lebaran atau Januari akhir menuju Februari.

Ini berlaku untuk kebanyakan destinasi, baik dalam maupun luar negeri.

"Semua (destinasi). Karena pasti libur Lebaran, tahun baru, harganya tinggi. Di luar itu, harganya pasti rendah," ucapnya saat ditemui di Cathay Pacific Travel Fair 2023 di Senayan City, Jakarta Selatan, Jumat (4/8/2023).

@kompastravel Kurang lebih seperti itu ya guys gambaran pengeluaran untuk ke Banda Neira.. Kamu tinggal menyesuaikan saja dengan jumlah hari dan lain-lain. Kalau mau beli oleh-oleh, harganya bervariasi sesuai produk yak. Gambarannya, gelang kain di Rp. 35.000, gantungan kunci di Rp. 20.000, tenun khas ambon ukuran kecil Rp 85.000 Jadi, kapan nih kamu betolak ke Banda Neira? #bandaneira #bandaneiramaluku #wisatamaluku #travelbudget ? Ghibli-style nostalgic waltz - MaSssuguMusic

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com