Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Turis Terjebak di Menara Eiffel di Perancis, Ini Sebabnya

Kompas.com - 17/08/2023, 21:36 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber AFP,CNN

KOMPAS.com - Dua wisatawan asing asal Amerika Serikat kedapatan "terjebak" semalaman di Menara Eiffel di Paris, Perancis, pada Senin (14/8/2023).

"(Mereka) rupanya terjebak karena sangat mabuk," kata pihak kantor kejaksaan Paris, dikutip dari AFP, Kamis (17/8/2023).

Baca juga:

Sebelumnya dua wisatawan tersebut membeli tiket masuk Menara Eiffel pada Minggu (13/8/2023) malam pukul 22.40 waktu setempat. Mereka meloncati pembatas keamanan ketika menuruni tangga dari bagian atas menara. 

Pada Senin (14/8/2023) paginya, keduanya dibangunkan oleh petugas keamanan yang berkeliling menara sebelum pembukaan. Mereka berada di antara lantai dua dan lantai tiga menara yang umumnya ditutup untuk pengunjung.

Petugas pemadam kebakaran, termasuk unit khusus untuk menyelamatkan orang-orang dari ketinggian yang berbahaya, pun diterjunkan untuk membawa turun keduanya. 

Baca juga: Menara Eiffel di Rawa Pening Roboh Diterjang Badai

Menara Eiffel di Paris, Perancis. Paris menjadi kota pariwisata terkuat di dunia 2022 versi WTTC.Dok. Pixabay/Pete Linforth Menara Eiffel di Paris, Perancis. Paris menjadi kota pariwisata terkuat di dunia 2022 versi WTTC.

Dua wisatawan itu lantas dibawa ke kantor polisi di Kota Paris untuk dimintai keterangan. 

Menurut pihak Sociéte d'Exploitation de la tour Eiffel (SETE) yang mengelola Menara Eiffel, kedua wisatawan asing itu tidak menimbulkan ancaman keamanan.

Akan tetapi, pihak SETE tetap akan menuntut dua wisatawan itu atas penyusupan ke Menara Eiffel, dilansir dari CNN, Kamis (17/8/2023).

Baca juga:

"Karena tidak ada kerusakan yang ditemukan, denda untuk masuk tanpa izin ke situs bersejarah atau situs budaya dibatalkan," ujar pihak kantor kejaksaan Paris.

Tidak hanya itu, Menara Eiffel harus dibuka lebih lambat satu jam pada Senin (14/8/2023). Biasanya tempat wisata ini dibuka pukul 09.00 pagi waktu setempat, namun peristiwa tersebut menyebabkan Menara Eiffel terpaksa dibuka pukul 10.00 pagi waktu setempat.

Baca juga: Ruang Rahasia Menara Eiffel, Buat Warga Perancis Iri ke Arsiteknya

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com