Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Wisata Sumenep, Ada Pulau dengan Oksigen Terbaik Kedua di Dunia

Kompas.com - 26/08/2023, 10:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Sumenep merupakan sebuah kabupaten yang berada di sebelah timur Pulau Madura. Wilayah ini berbatasan langsung dengan Selat Madura, Laut Bali, Laut Jawa, dan Laut Flores.

Oleh sebab itu, Kabupaten Sumenep mempunyai wisata pantai yang mempesona. Selain pantai, ada beragam wisata Sumenep lainnya seperti wisata sejarah dan budaya.

Baca juga:

Wisata Sumenep 

Kompas.com merangkum wisata Sumenep Madura sebagai berikut.

1. Gili Labak 

Pantai di Pulau Gili Labak, MaduraWikimedia Commons Pantai di Pulau Gili Labak, Madura

Gili Labak merupakan salah satu obyek wisata populer di Madura. Pulau kecil ini berada di sebelah tenggara Pulau Madura, yang secara administratif berada di Desa Kombang, Kabupaten Sumenep.

Daya tarik pantai di Gili Labak adalah pasir putih serta air laut berwarna biru kehijauan. Selain itu, Gili Labak punya panorama bawah laut yang indah, mulai dari biota laut maupun karang, sehingga menjadi spot snorkeling favorit wisatawan.

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (6/10/2022), pulau ini hanya dihuni sekitar 38 kepala keluarga (KK). Pulau seluas 5 hektare ini sudah dilengkapi fasilitas penunjang wisata seperti homestay, restoran, dan sebagainya.

2. Gili Iyang 

Pulau Gili Iyang sebagai tempat dengan kadar oksigen terbaik nomor dua di dunia.Shutterstock/AUFARNICE Pulau Gili Iyang sebagai tempat dengan kadar oksigen terbaik nomor dua di dunia.

Selain Gili Labak, pulau wisata yang terkenal lainnya di Sumenep adalah Gili Iyang.

Pulau kecil yang berada di sebelah timur Pulau Madura ini, bahkan pernah dinobatkan sebagai kawasan dengan kadar oksigen terbaik kedua di dunia 2005, setelah Laut Mati, Yordania, berdasarkan informasi dari Jejaring Desa Wisata.

Daya tarik GIli Iyang adalah gugusan pantai yang berwarna biru jernih dan hamparan pasir putih. Selain itu, Batu Cangga yang berupa tebing curam menghadap ke Laut Jawa.

Untuk menuju Gili Iyang, wisatawan perlu naik perahu dari Pelabuhan Dungkek sekitar 30-40 menit bergantung kondisi cuaca dan gelombang lautan.

3. Pantai Slopeng 

Pantai Slopeng memiliki daya tarik yaitu hamparan pasir luas yang membentang sepanjang 6 km, berdasarkan informasi dari Kompas.com (12/6/2023).

Sementara, pasir Pantai Slopeng cukup unik lantaran berwarna putih kehitam-hitaman. Terdapat pepohonan kelapa di sekeliling pantai yang menambah daya tariknya.

Ada beragam aktivitas yang dapat dilakukan di Pantai Slopeng, seperti berenang, duduk santai di tepi pantai, wisata kuliner, dan berkuda di pantai. Lokasi Pantai Slopeng berada di Jalan Raya Ambunten KM 17, Desa Samaan, Kecamatan Dasun, Kabupaten Sumenep. 

Baca juga:

4. Pantai Lombang 

Pantai Lombang di MaduraShutterstock/Uekifoy Pantai Lombang di Madura

Daya tarik Pantai Lombang adalah pasir putih dan lembut, berdasarkan informasi dari Kompas.com (16/9/2015). Selain itu, terdapat deretan cemara udang di pesisir pantai.

Cemara udang khas Pantai Lombang, hampir tak ditemukan di daerah lain. Konon, pohon cemara udang tersebut dibawa oleh prajurit China pada abad ke-15 saat melakukan ekspedisi ke Madura.

Lokasi Pantai Lombang berada di Dusun Lebbak, Desa Dapenda, Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com