Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desa Wukirsari di Bantul, Juara 1 ADWI 2023 Kategori Desa Wisata Maju

Kompas.com - 29/08/2023, 08:08 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.comDesa Wisata Wukirsari di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta dinobatkan sebagai juara satu Desa Wisata Maju terbaik di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 (ADWI 2023).

Pengumuman disampaikan dalam malam penganugerahan ADWI 2023 di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Minggu (27/8/2023).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam sambutannya mengatakan, desa wisata merupakan pionir dalam menciptakan lapangan pekerjaan.

"Desa Wisata jadi garda terdepan untuk menciptakan 4,4 juta tenaga kerja. Program ini terus berlanjut tapi harus terus ditingkatkan agar bermanfaat bagi masyarakat di desa," kata Sandiaga.

Baca juga:

Sebagai informasi, desa wisata yang termasuk dalam kategori Desa Wisata Maju saat ini berjumlah 284, per Senin (28/8/2023). 

Adapun maju adalah tahap ketiga dalam pengembangan desa wisata. Pada tahap ini, masyarakatnya sudah sadar wisata, dana desa dipakai untuk mengembangkan potensi pariwisata, memiliki kelompok pengelola, dan wilayahnya sudah dikunjungi banyak wisatawan.

Penilaian ADWI 2023 terbagi menjadi sejumlah kategori yang meliputi Daya Tarik Pengunjung, Suvenir, Homestay dan Toilet, Digital dan Kreatif, serta Kelembagaan Desa Wisata dan CHSE.

Ada juga kategori Desa Wisata Maju, Desa Wisata Berkembang, dan Desa Wisata Rintisan, serta Desa Wisata Terbaik, dan Desa Wisata Terfavorit. 

Terbaik Kategori Desa Wisata Maju ADWI 2023

Total terdapat 8 desa wisata yang mendapatkan penghargaan kategori Desa Wisata Maju terbaik dalam ADWI 2023. Berikut daftar lengkapnya:

  • Juara 1: Desa Wisata Wukirsari, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Juara 2: Desa Wisata Kelawi, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung
  • Juara 3: Desa Wisata Malahing, Kabupaten Bontang, Kalimantan Timur

Menparekraf Sandiaga Uno saat berkunjung ke Desa Wisata Wukirsari, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Minggu (28/5/2023).DOK KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF Menparekraf Sandiaga Uno saat berkunjung ke Desa Wisata Wukirsari, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Minggu (28/5/2023).

Juara Harapan:

  • Desa Wisata Kubu Gadang, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat
  • Desa Wisata Tebara, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur
  • Desa Wisata Kreatif Terong, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung
  • Desa Wisata Batu Ampar, Kanupaten Kepahiang, Bengkulu
  • Desa Wisata Kuin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com