Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Hari Ini, Tarif Pass Penumpang Pelabuhan Internasional di Batam Naik Jadi Rp 100.000

Kompas.com - 04/09/2023, 08:29 WIB
Hadi Maulana,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Meski sempat tertunda, akhirnya mulai Senin (4/9/2023), Badan Pengusahaan (BP) Batam resmi menerapkan tarif baru pass penumpang Pelabuhan Internasional di Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Tarif mengalami penyesuaian dari yang semula Rp 65.000 menjadi Rp 100.000 per orang/sekali masuk.

Baca juga:

Penyesuaian tarif ini mengacu pada Peraturan Kepala (Perka) BP Batam Nomor 4 Tahun 2023 tentang Perubahan Kedua Peraturan Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas, dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) Batam Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Tarif Layanan dan Tata Cara Pengadministrasian Keuangan pada Badan Usaha Pelabuhan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam.

“Semoga pelanggan yeng menggunakan pelabuhan penumpang Internasional bisa memaklumi hal ini karena tarif pass penumpang Terminal Ferry Internasional (seaport charge) mulai hari ini sebesar Rp 100.000 per orang/sekali masuk,” kata Direktur Badan Usaha Pelabuhan (BUP), Dendi Gustinandar, Senin (4/9/2023).

Baca juga: Kota-kota Surga Wisata Belanja di Indonesia, Ada Batam

Penyesuaian tarif pass penumpang ini, lanjutnya, baru kembali dilakukan setelah sebelumnya diberlakukan pada 2012.

“Sehingga dengan trafik penumpang di Terminal Internasional yang kembali normal pasca-meredanya Covid-19, terdapat beberapa sarana dan prasarana yang harus ditingkatkan demi pelayanan yang optimal bagi para penumpang di Terminal Ferry Internasional,” ujarnya.

Pelabuhan Penumpang Internasional Sekupang, yang merupakan salah satu dari Lima Pelabuhan Penumpang Internasional yang ada di Batam, Kepulauan Riau,KOMPAS.COM/HADI MAULANA Pelabuhan Penumpang Internasional Sekupang, yang merupakan salah satu dari Lima Pelabuhan Penumpang Internasional yang ada di Batam, Kepulauan Riau,

Adapun kenaikan tarif pass penumpang ditetapkan setelah melakukan diskusi dan sosialisasi intensif dengan KSO pengelola Pelabuhan Penumpang Internasional dan operator kapal sejak Januari 2023.

Dendi menambahkan, penyesuaian tarif juga berimbas terhadap perbaikan pelayanan serta sarana dan prasarana guna meningkatkan kenyamanan dan kemudahan perjalanan bagi penumpang.

“Misalnya, dengan pengadaan autogate di terminal-terminal pengumpang internasional dan perbaikan fasilitas,” tambahnya.

Baca juga:

Hingga saat ini, terdapat lima Terminal Penumpang Internasional di dalam wilayah kerja BP Batam, antara lain Terminal Penumpang Internasional Batam Centre dan Terminal Penumpang Internasional Sekupang.

Kemudian Terminal Penumpang Internasional Nongsapura, Terminal Penumpang Internasional Teluk Senimba, serta Terminal Penumpang Internasional Harbour Bay.

Baca juga: 77.348 Turis Asing Kunjungi Batam pada Mei 2022, Dominasi WN Singapura

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com