Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Coldplay Konser di Singapura, Sandiaga Ajukan Paket Wisata dari Batam

Kompas.com - 16/08/2023, 19:10 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengusulkan paket konser band Coldplay di Singapura yang melibatkan pariwisata di Batam.

Penawaran ini diajukan mengingat penyelenggaraan konser Coldplay di Singapura berlangsung sekitar enam hari, sedangkan konser Coldplay di Indonesia hanya sehari.

Baca juga:

"Daripada kita habis-habisan tiket pesawat mahal ke Singapura, bagaimana kalau dibikin paket (wisata) dengan melibatkan Batam?" kata Menparekraf dalam program Jadi Beginu di kanal YouTube Kompas.com, Rabu (16/8/2023).

Menparekraf melanjutkan, usulan tersebut diterima baik oleh Pemerintah Singapura.

Baca juga: Pencarian Akomodasi di Singapura Naik Hampir 9 Kali Lipat Jelang Coldplay

Guna mendukung usulan ini, lanjutnya, perlu adanya penambahan armada kapal ferry yang menghubungkan antara Batam dan Singapura.

"Ditambah ferry-nya, dan dibikin lebih terjangkau harga (tiket) ferry-nya, karena setelah pandemi harga tiket ferry naik," ujarnya.

Menurut Sandiaga, alasan penyelenggaraan konser Coldplay di Singapura lebih lama dibanding di Indonesia lantaran fasilitas penyelenggaraan acara di Singapura lebih lengkap.

Kelengkapan fasilitas dalam hal ini berkaitan dengan perizinan, lokasi, serta keamanan acara.

Tidak hanya konser Coldplay, lanjutnya, konser Taylor Swift pun diadakan di Singapura karena fasilitas yang memadai.

Baca juga:

"Pemerintahnya (Pemerintah Singapura) juga ikut serta dengan leisure fund, jadi mereka (Pemerintah Singapura) ikut membiayai, ikut berinvestasi pada penyelenggaraan acara kelas dunia," jelasnya.

Ia menambahkan, saat ini kelengkapan fasilitas di Indonesia sedang dibenahi. Sementara itu, anggaran serupa leisure fund di Singapura juga sedang dirancang dalam konsep Tourism Fund di Indonesia.

Baca juga: 5 Hotel Kapsul Dekat Venue Konser Coldplay di Singapura

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com