Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Goa Kiskendo Kulon Progo Bakal Dikembangkan Jadi Taman Wisata

Kompas.com - 05/09/2023, 18:56 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Kulon Progo berencana mengembangkan Goa Kiskendo menjadi taman wisata.

Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo, Joko Mursito mengatakan, goa ini cocok dijadikan wisata tematik, terutama budaya dan geoheritage, seperti dikutip dari Antara.

Tata ulang Goa Kiskendo dilakukan demi meningkatkan kunjungan wisatawan ke destinasi tersebut.

"Kami fokuskan pembangunan Gua Kiskendo pada tahun 2023 ini," kata Joko, seperti dikutip dari Antara, Selasa (5/9/2023).

Baca juga: Goa Kiskendo di Yogyakarta: Daya Tarik, Harga Tiket, Jam Buka, dan Rute

Ia menambahkan, termasuk dalam rencana tata ulang tersebut adalah membangun kawasan kuliner dan taman bermain anak, serta menyiapkan aktivitas budaya pendukung.

Saat ini, wisata goa yang berlokasi di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo tersebut menawarkan pengalaman menyusuri lorong goa berliku yang berhiaskan stalaktit dan stalagmit.

Pengembangan dinilai penting untuk dilakukan agar wisatawan yang datang tidak hanya bisa melakukan susur goa.

"Kami melihat dari sisi penataan perlu diperindah supaya menarik wisatawan. Orang jauh-jauh datang untuk melihat daya tarik apa, selain goa. Termasuk sendratari menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung," kata Penjabat Bupati Kulon Progo Ni Made Dwipanti Indrayanti saat meninjau goa, Selasa.

Baca juga: Menyusuri Goa Kiskendo, Geowisata Penuh Keindahan Alam dan Sejarah

Ia juga berpesan agar fasilitas pendukung terus dimaksimalkan. Misalnya, menyediakan toilet yang bersih untuk menambah kenyamanan.

Menurutnya, dengan penataan yang lebih baik, goa tersebut dapat mendatangkan lebih banyak orang.

"Tidak semua orang suka goa, hanya wisatawan minat khusus. Kemudian, harus ditambah diorama dan fasilitas informasi yang akurat," tuturnya.

@kompastravel Itu dia soal Kaws di Candi Prambanan. Kamu ada yang ikutin tour Kaws: Holiday? Sejauh ini, di negara mana nih instalasi Kaws favorit kamu? #kaws #kawsholiday #kawsholidayindonesia #candiprambanan #exploreindonesia #pamerankaws ? ditto - Instrumental - no/vox & karaokey & Tazzy
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com