Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasan Wisata Bromo Buka Kembali Seusai Kebakaran Hutan

Kompas.com - 06/09/2023, 13:08 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kebakaran di dalam Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) telah berhasil dipadamkan, pada Selasa (5/9/2023). 

Dengan telah berhasil dipadamkannya kebakaran di TNBTS, maka pintu masuk Wonokitri, Kabupaten Pasuruan dibuka kembali untuk kunjungan wisata, seperti disampaikan akun Instagram resmi TNBTS (@bbtnbromotenggersemeru). 

"Benar, sudah dibuka semua. Kunjungan Wisata Bromo melalui pintu masuk Wonokitri, Kabupaten Pasuruan serta lokasi wisata ke View Point Gunung Penanjakan dan sekitarnya telah dibuka untuk pengunjung sejak Selasa, 5 September 2023 pukul 18.00 WIB".

Demikian disampaikan oleh Kepala Bagian Tata Usaha TNBTS, Septi Eka Wardhani, saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (6/9/2023). 

Baca juga: Puncak B29 Ditutup Sementara Dampak Karhutla di TNBTS

Tetap waspada

Namun, kata dia, pihaknya mengimbau kepada masyarakat, pengunjung, dan pelaku jasa wisata di Kawasan TBTS untuk tetap waspada terhadap potensi kebakaran hutan. Apalagi musim kemarau masih berlangsung. 

"Kondisi musim kemarau yang diprediksi masih akan berlangsung sampai bulan Oktober
2023, masih dapat berpotensi menimbulkan terjadinya kebakaran hutan di dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan sekitanya," terang Septi. 

Oleh karena itu, ia juga berpesan agar masyarakat, pengunjung, dan pelaku jasa wisata untuk dapat menjaga Kawasan TNBTS dari kebakaran hutan.

Baca juga: 8 Fakta Kawasan Gunung Bromo, Ada Lautan Pasir dan Suku Tengger

Salah satunya memperhatikan penggunaan api demi keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bersama.

"Serta diimbau untuk melaporkan kepada petugas jika menemukan titik api di dalam Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru," pesan Septi. 

Ilustrasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ilustrasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Tata cara pemesanan online

Bagi pengunjung yang akan melakukan kunjungan wisata, dapat melakukan pemesanan online melalui laman bookingbromo.bromotenggersemeru.org. 

Berikut langkah-langkah pemesanan online wisata ke TNBTS:

1. Buka browser untuk pendaftaran booking online melalui situs bookingbromo.bromotenggersemeru.org

2. Pilih tanggal berangkat dan tanggal pulang

3. Pilih jenis booking

4. Lengkapi biodata, pastikan alamat email dan nomor telpon sudah benar. Konfirmasi pembayaran akan dikirimkan melalui email dan sms ketua kelompok

5. Setelah melakukan pendaftaran, cek kode booking melalui email atau halaman website booking online untuk mendapatkan virtual account

6. Batas waktu pembayaran adalah dua jam setelah pendaftaran. Lebih dari dua jam, kode booking hangus. Pembayaran hanya bisa dilakukan dengan virtual account

7. Ketua kelompok akan menerima sms dan email bukti pembayaran

8. Petugas akan mengecek konfirmasi booking online di pintu masuk dengan cara scan QR code pada sistem booking online 

Baca juga: Tarif Sewa Kuda ke Kawah Gunung Bromo, Tak Perlu Jalan Jauh

@kompastravel Pengen trip ke Bromo tapi males ribet? Aku sempat nyobain trip yang disediakan sama hotel Atria Malang, nih. Ada dua opsi, paket Open Trip Rp. 1,5 juta/malam dan paket Private Trip Rp 2,5 juta/malam. Harga ini sudah termasuk kamar untuk kamu istirahat dan explore Bromo untuk dua orang loh.. Oiya, kalau kamu mau naik ke Kawah Gunung Bromo, ada dua cara. Bisa dengan jalan kaki atau naik kuda guys. Kalau berkuda, range harganya sekitar 250.000-300.000 (PP). Bisa juga kok kalau kalau kamu ke atasnya naik kuda, tapi turunnya jalan kaki. Jadi, bisa menyesuaikan kebutuhan.. Selamat menjelajahi Gunung Bromo! #bromomountain #bromotravel #wisatamalang #exploremalang #malanghits ? Paradise - TELL YOUR STORY music by Ikson™

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com