Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Keamanan, Museum Nasional dan Koleksi Diusulkan jadi Obyek Vital Nasional

Kompas.com - 18/09/2023, 21:31 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengusulkan agar Museum Nasional dan koleksi museum disematkan sebagai obyek vital nasional.

"Kemenparekraf juga mengusulkan melalui staf ahli menteri agar aset-aset budaya seperti Museum Nasional dan koleksi dapat disematkan sebagai obyek vital nasional," kata Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama, Nia Niscaya.

Pernyataan itu ia sampaikan dalam program The Weekly Brief with Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Senin (18/9/2023).

Baca juga: Koleksi Replika Terdampak Kebakaran Museum Nasional

Nia melanjutkan, usulan ini dikemukakan agar aset kebudayaan mendapatkan pengamanan yang maksimal.

"Jadi ke depannya bukan hanya aset ekonomi pertahanan yang akan menjadi obyek vital nasional, tetapi juga aset budaya," kata Nia.

Usulan tersebut, lanjutnya, mendapat tanggapan positif dari Dirjen Kebudayaan, dan dalam hal ini Kemenparekraf akan dengan senang hati ikut serta berkolaborasi.

Lakukan evaluasi

Nia menyampaikan, pascakebakaran yang melanda Museum Nasional Indonesia pada Sabtu (16/9/2023) saat ini pihak Museum Nasional Indonesia dan Dirjen Kebudayaan melalui Badan Layanan Umum (BLU) sedang melakukan evaluasi pengamanan artefak.

"Saat ini prioritas Museum Nasional dan Dirjen Kebudayaan melalui BLU melakukan evaluasi artefak untuk dipindahkan ke tempat yang lebih aman," katanya.

Petugas damkar masih menyiram sisa puing kebakaran yang masih berasap di kawasan Gedung A Museum Nasional, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (17/9/2023). (KOMPAS.com/XENA OLIVIA)Xena Olivia Petugas damkar masih menyiram sisa puing kebakaran yang masih berasap di kawasan Gedung A Museum Nasional, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (17/9/2023). (KOMPAS.com/XENA OLIVIA)

Ia melanjutkan, saat ini proses penyidikan kebakaran pun terus dilakukan oleh BLU bersama tim kepolisian.

Pekan ini, tambahnya, Kemenprekraf akan ikut serta dalam langkah evaluasi pembahasan mengenai kebakaran di Museum Nasional Indonesia bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Baca juga: Museum Nasional Tutup Sementara, Imbas Kebakaran

Hal mengingat, Museum Nasional Indonesia merupakan salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Jakarta.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com