Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

200.000 Turis Indonesia Wisata ke Sarawak di Malaysia pada Awal 2023

Kompas.com - 20/09/2023, 18:10 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Lebih dari 200.000 wisatawan nasional asal Indonesia tercatat mengunjungi Sarawak, Malaysia, dari seluruh titik masuk periode Januari 2023-Juni 2023.

Data dari Sarawak Tourism Board (Dewan Pariwisata Sarawak) menunjukkan, pertumbuhan jumlah kunjungan wisatawan nasional asal Indonesia cukup pesat bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2022. 

Baca juga:

Menurut Pj Kepala Eksekutif Dewan Pariwisata Sarawak, Yusfida Khalid yang dikutip dari Antara, Rabu (20/9/2023), terjadi peningkatan bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang sebanyak 46.000 kunjungan.

Hal tersebut merupakan dampak dari mudahnya akses wisatawan nasional asal Indonesia ke Sarawak. Ada maskapai penerbangan yang melayani penerbangan langsung dari Jakarta ke Kota Kuching, Sarawak, tiga kali seminggu.

Baca juga: 5 Museum di Penang Malaysia, Ada yang Mengoleksi Hantu

Ilustrasi Sarawak Night Market di Sarawak, Malaysia, pada tahun 2018.Dok. Unsplash/Deva Darshan Ilustrasi Sarawak Night Market di Sarawak, Malaysia, pada tahun 2018.

"Mereka kebanyakan mencari paket kesehatan, sekadar liburan dan berekreasi, mencari kerajinan tangan di sana," bunyi keterangan dari Yusfida.

Tidak hanya itu, terdapat beragam acara yang bisa dinikmati wisatawan nasional asal Indonesia, antara lain Sarawak International Dragon Boat Regatta pada Oktober 2023, Sarawak Regatta pada November 2023, dan sambutan perayaan malam tahun baru.

Baca juga:

Sebagai informasi, dilaporkan oleh Kompas.com, Sabtu (26/3/2016), Sarawak menjadi wilayah di Malaysia yang berbatasan langsung dengan Kalimantan di Indonesia. 

Salah satu daya tarik wisata unggulan di Sarawak adalah wisata kesehatan. Selain jalan-jalan, wisatawan juga mengikuti paket pemeriksaan berupa health screening atau medical check-up. 

Baca juga: Wisata ke Malaysia Tak Perlu Tunjukkan Hasil Tes dan Bukti Vaksinasi

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com