Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

19 Juta Turis Asing Kunjungi Thailand hingga September 2023, Didominasi Negara Asia

Kompas.com - 21/09/2023, 09:54 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Sebanyak 19 juta turis mancanegara mengunjungi Thailand sepanjang tahun atau naik 271 persen dari tahun ke tahun, tercatat hingga September 2023.

Menurut data resmi Kementerian Pariwisata dan Olahraga per Selasa (19/9/2023), seperti dilansir dari Xinhua, angka pendapatan negara yang diperoleh Thailand dari kunjungan turis tersebut lebih dari 795 miliar baht atau sekitar 22,08 miliar dollar AS.

Kunjungan didominasi oleh turis asal Malaysia, China, Korea Selatan, dan India.

Kenaikan kunjungan terutama terlihat pada beberapa waktu terakhir, terutama dari negara asal turis dengan jarak perjalanan pendek atau pasar Asia.

Baca juga:

Angkanya berpotensi kembali naik, mengingat mulai Senin (25/9/2023) Thailand akan resmi memberlakukan bebas visa turis sementara untuk pemegang paspor China dan Kazakhstan hingga akhir Februari 2024.

Aturan tersebut ditetapkan untuk mendukung periode puncak industri pariwisata.

Gubernur Otoritas Pariwisata Thailand, Thapanee Kiatphaibool dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa kebijakan bebas visa ini dipandang sebagai salah satu usaha Negeri Gajah Putih untuk mencapai target 25 juta hingga 30 juta pengunjung hingga akhir tahun, dengan total pendapatan negara 2,38 triliun baht.

Genjot wisata halal

Secara khusus, seperti dikutip dari Bangkok Post, Thailand juga sedang menggenjot angka pariwisata halal dan memasang target menjadi destinasi utama turis-turis muslim dari sejumlah negara pada 2027 mendatang.

Wakil juru bicara pemerintah, Rachada Dhnadirek mengatakan pada Agustus lalu bahwa turis muslim adalah salah satu target kelompok turis utama karena angkanya terus bertumbuh dan memiliki daya beli yang tinggi.

Baca juga:

Menurut data Departemen Pariwisata (DoT), lebih dari tiga juta turis muslim mengunjungi Thailand tahun lalu. Angka ini melonjak dibandingkan pada 2017, yakni hanya 875.043 pengunjung.

Para turis muslim tersebut rata-rata menghabiskan 13 hari di Thailand dan membelanjakan sekitar 6.000 baht atau sekitar Rp 2,5 juta per hari.

DoT pun sudah mengumumkan perencanaan lima tahunan (2023-2027) untuk fokus meningkatkan kualitas jasa operator pariwisata untuk memenuhi standar internasional, sehingga bisa memenuhi target kunjungan turis muslim yang ditentukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com