Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang MotoGP Mandalika 2023, Ada 66 Permintaan Penerbangan Tambahan

Kompas.com - 10/10/2023, 20:31 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jelang perhelatan MotoGP Mandalika yang akan digelar mulai Jumat (13/10/2023), PT Angkasa Pura I atau AP I (Persero) telah menerima 66 permohonan penerbangan tambahan yang diajukan oleh empat maskapai nasional dan satu maskapai internasional ke Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat. 

Direktur Utama AP I Faik Fahmi menjelaskan, mulai Selasa (10/10/2023), Bandara Lombok dijadwalkan mulai melayani kedatangan para pembalap dan anggota tim peserta kejuaraan.

Baca juga: MotoGP Mandalika 2023, Pemerintah Pastikan Ada Batas Kenaikan Tarif Homestay

"Hingga saat ini, kami mencatat telah menerima 66 permohonan penerbangan tambahan atau yang diajukan oleh empat maskapai nasional yakni Garuda Indonesia, Citilink, Indonesia AirAsia, dan Super Air Jet, serta satu maskapai internasional yaitu Malaysia Airlines,” ujarnya melalui keterangan resmi, Selasa (10/10/2023). 

Lebih lanjut, kata dia, pihaknya juga memastikan kesiapan dari sisi operasional dan layanan bandara untuk mengantisipasi potensi lonjakan penumpang.

Caranya dengan melakukan penyesuaian waktu operasional bandara, dari yang sebelumnya 14 jam menjadi 24 jam pada periode dari Jumat (13/10/2023) hingga Senin (16/10/2023) mendatang.

Baca juga: Persiapan MotoGP Mandalika 2023 Hampir 100 Persen, Ada Side Event

Dari keamanan hingga hospitality

Penampakan Bukit 360 dari Bukit SegerKOMPAS.COM/IDHAM KHALID Penampakan Bukit 360 dari Bukit Seger

Faik mengatakan, AP I beserta dua anak usahanya, Angkasa Pura Logistik (APL) dan Angkasa Pura Hotel (APH), berkomitmen mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan MotoGP seri Grand Prix of Indonesia 2023 yang akan digelar di Sirkuit Mandalika mulai Jumat (13/10/2023) sampai Minggu (15/10/2023) mendatang.

"Hal tersebut kami wujudkan melalui sejumlah langkah strategis yang mencakup dukungan dari sisi layanan, fasilitas, dan infrastruktur Bandara Lombok, serta layanan dari dua anak usaha, yakni APL dari sisi penanganan logistik dan APH dari sisi hospitality," terangnya. 

Baca juga: Dampak MotoGP Mandalika, Lapangan Usaha Meningkat hingga Penuhi Target Kunjungan Wisatawan

Ia melanjutkan, AP I sebelumnya telah menyelesaikan pekerjaan pengembangan Bandara Lombok, meliputi pengembangan runway, terminal penumpang, serta terminal kargo untuk melayani operasional pesawat kargo, penanganan logistik tim, serta pelayanan penumpang.

Sedangkan dari sisi keamanan dan untuk mendukung operasional harian di bandara, AP I bekerja sama dengan instansi komunitas bandara yang terdiri dari TNI, Polri, Imigrasi, Bea Cukai, dan KKP untuk menyiagakan 96 personel operasional harian selama pelaksanaan.

"Kami juga turut memastikan layanan dan operasional bandara dapat berjalan secara optimal, serta menimbulkan kesan yang tak terlupakan bagi para pembalap," lanjut dia.

Sementara itu, untuk penyediaan layanan logistik, anak usaha AP I yakni APL telah menangani 377 ton logistik berupa kendaraan peserta kejuaraan dan spareparts pendukung.

Baca juga: MotoGP Mandalika 2023, Garuda Indonesia Grup Tambah 6.200 Kursi ke Lombok

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com