Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Aktivitas di Pameran Jejak Memori di Jakarta, Mampir ke Museum

Kompas.com - 11/10/2023, 15:18 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjamurnya jumlah bioskop di Batavia berlangsung pada 1900 hingga 1936. Pada saat itu ada sekitar 225 bioskop yang tersebar.

Beberapa bioskop populer, di antaranya Bioskop Orion (1930), Bioskop Roxy (1929), Cinema Palace Krekot (1914), dan Biokop Menteng (1950-an).

Baca juga: Pameran Jejak Memori Gempita Layar Perak Digelar di Museum Fatahillah

"Film di bioskop itu mulai dari tidak ada, menjadi ada, lalu booming, sampai akhirnya sekarang tidak terlalu (diminati) lantaran perkembangan dan kemudahan media sosial saat ini," kata pemandu Museum Sejarah Jakarta, Pasuparta di lokasi, Selasa (10/10/2023).

Jika ingin mengetahui lebih lanjut seputar hadirnya film dan bioskop, wisatawan bisa mampir ke pameran Jejak Memori Gempita Layar Perak Jakarta

Pameran ini digelar di Museum Sejarah Jakarta atau kerap dikenal dengan Museum Fatahillah mulai Senin (9/10/2023) sampai Minggu (22/10/2023).

Jika datang ke pameran, berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di lokasi.

Baca juga: Cara ke Pameran Jejak Memori Gempita Layar Perak Jakarta, Beli Tiket Dulu

Aktivitas di Pameran Jejak Memori

1. Belajar sejarah film dan bioskop

Pameran Jejak Memori Gempita Layar Perak Jakarta, di Museum Sejarah Jakarta, Selasa (10/10/2023).Kompas.com/Suci Wulandari Putri Pameran Jejak Memori Gempita Layar Perak Jakarta, di Museum Sejarah Jakarta, Selasa (10/10/2023).

Di pameran Jejak Memori Gempita Layar Perak Jakarta, wisatawan bisa mengetahui secara runut bagaimana hadirnya film dan bioskop di Batavia.

Sejarah film dan bioskop dipaparkan secara detail di bagian dinding pameran, serta didukung dengan visual poster film yang pernah populer pada masanya.

Di area ini juga terdapat peta persebaran bioskop di Jakarta pada masa lalu, lengkap dengan penanda yang menunjukkan letak bioskop tersebut. 

Tidak ketinggalan, bioskop-bioskop zaman dahulu yang sampai saat ini masih bisa ditemui, salah satunya Metropole Cikini.

Baca juga:

2. Belanja suvenir

Suvenir di dekat lokasi pameran Jejak Memori Gempita Layar Perak Jakarta, di Museum Sejarah Jakarta, Selasa (10/10/2023).Kompas.com/Suci Wulandari Putri Suvenir di dekat lokasi pameran Jejak Memori Gempita Layar Perak Jakarta, di Museum Sejarah Jakarta, Selasa (10/10/2023).

Tepat di samping pameran Jejak Memori Gempita Layar Perak Jakarta terdapat ruangan khusus suvenir yang bisa disambangi oleh wisatawan.

Toko suvenir ini tergabung ke dalam bagian dari Museum Fatahillah. Sebagian besar barang yang dijual berupa pernak-pernik gantungan kunci, replika Monumen Nasional (Monas), dan mainan angklung.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lokasi, harga suvernir yang dijajakan mulai dari Rp 15.000.

Baca juga: Jelajah Museum Fatahillah Malam Hari, Masuk ke Penjara Bawah Tanah

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com