Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Spot Foto Instagramable di Teras Malioboro 1, Ada Kutipan Puitis

Kompas.com - 16/10/2023, 15:07 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Teras Malioboro 1 tidak hanya merupakan salah satu sentra oleh-oleh khas Yogyakarta, tetapi juga menjadi destinasi wisata baru. 

Selain bisa berbelanja produk fesyen hingga pernak-pernik, wisatawan bisa sekedar melihat-lihat, jalan-jalan, menikmati kuliner, sampai berburu foto. 

"Selain belanja, banyak juga yang melihat-lihat atau berfoto di spot-spot foto," kata Komandan Keamanan Teras Malioboro 1, Andriyanto, saat ditemui di lokasi, Jumat (13/10/2023). 

Baca juga: 4 Aktivitas Berkunjung ke Teras Malioboro 1, Belanja dan Berfoto

Teras Malioboro 1 berada di bekas Gedung Bioskop Indra, atau sisi selatan sebelah barat Jalan Malioboro, tepat di seberang Pasar Beringharjo. Tempat ini dibuka setiap Senin hingga Minggu, pukul 08.00-23.00 WIB.

Untuk menuju Teras Malioboro 1, wisatawan bisa menggunakan ojek online maupun transportasi umum seperti Trans Jogja. 

Spot foto di Teras Malioboro 1

Jika berminat untuk berburu foto di Teras Malioboro 1, berikut beberapa spot foto yang bisa jadi rekomendasi:

1. Tulisan Teras Malioboro

Tampak depan Teras Malioboro 1 di kawasan Malioboro, Yogyakarta, Jumat (12/10/2023).KOMPAS.com/Faqihah Muharroroh Itsnaini Tampak depan Teras Malioboro 1 di kawasan Malioboro, Yogyakarta, Jumat (12/10/2023).

Dari bagian depan, di sebelah jalan utama Malioboro, terdapat tulisan "Teras Malioboro" yang bersebelahan dengan Mirota dan pos keamanan. 

Sebelum menemukan bangunan Teras Malioboro, tulisan ini dengan dua patung kuda di belakangnya bisa dijadikan sebagai spot foto pilihan. 

Baca juga: 6 Tips Belanja Oleh-oleh Yogya di Teras Malioboro 1, Bawa Uang Tunai

Dari pengamatan Kompas.com, Jumat (13/10/2023) pagi, beberapa wisatawan nampak berpose ataupun membuat konten di tulisan Teras Malioboro ini. 

2. Kutipan puitis

Salah satu spot foto di Teras Malioboro 1, Yogyakarta. Instagram/@Herinovenda Salah satu spot foto di Teras Malioboro 1, Yogyakarta.

Pada area pelataran Teras Malioboro I, di sisi kanan-kiri bangunan utama, wisatawan akan mendapati dinding yang dipenuhi tanaman hijau merambat dan diberi cahaya lampu temaram.

Spot-spot tulisan ini juga banyak diburu oleh wisatawan. Misalnya, ada kutipan di dinding berbunyi “bagi setiap orang yang pernah tinggal di Jogja, setiap sudut kota di Jogja itu romantis”, dan “Jogja terbuat dari rindu, pulang dan angkringan” yang diambil dari potongan puisi penyair Joko Pinurbo.

Baca juga: Belanja Oleh-oleh Khas Yogya di Teras Malioboro 1, Banyak Pilihan

Meski kalimatnya sederhana, keterkaitan kutipan tersebut dengan kondisi Yogyakarta yang indah membuat banyak wisatawan tertarik berfoto di sana. 

@kompastravel Ini dia nih yang ditunggu-tunggu! Paspor buat masuk ke Bekasi hahaha. Di Kopi Kedubes Bekasi kamu bisa dapetin paspor ini dengan harga Rp. 40.000. Paspor ini bisa kamu gunain sebagai notes juga guys. Tunggu full review-nya yaaa… #bekasihits #explorebekasi #bekasibanget #ngopiyuk ? original sound - Travel Kompascom

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com