Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teras Malioboro 1 di Yogyakarta: Lokasi, Jam Buka, dan Fasilitas

Kompas.com - 14/10/2023, 16:20 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Teras Malioboro 1 merupakan tempat beraktivitas baru bagi para pedagang (PKL) yang dulunya berjualan di sepanjang Jalan Malioboro, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Wisatawan bisa berbelanja aneka produk atau oleh-oleh khas Yogyakarta dan sekitarnya, di pusat perbelanjaan ini. 

Baca juga:

Teras Malioboro 1 diresmikan oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X pada hari Rabu (26/1/2022) dalam acara “Wilujengan” yang digelar di halaman Teras Malioboro 1, dikutip dari laman resminya. 

Produk yang dijual di tempat ini adalah produk yang sama yang bisa ditemukan di pinggir Jalan Malioboro. Mulai dari suvenir, kerajinan tangan, batik, kaos oblong, topi, sandal, hingga kuliner. 

"Yang dijual sama seperti yang dulu ada di jalanan Malioboro. Tas, baju, pernak-pernik, makanan juga ada," kata Komandan Keamanan Teras Malioboro 1, Andriyanto atau akrab dipanggil Andri, di lokasi, Jumat (13/10/2023).

Lokasi dan jam buka Teras Malioboro 1

Bagian dalam Teras Malioboro 1 di kawasan Malioboro, Yogyakarta, Jumat (13/10/2023).KOMPAS.com/Faqihah Muharroroh Itsnaini Bagian dalam Teras Malioboro 1 di kawasan Malioboro, Yogyakarta, Jumat (13/10/2023).

Teras Malioboro 1 berlokasi di gedung eks-Bioskop Indra, tepatnya di seberang Pasar Beringharjo. Alamatnya di Jalan Margo Mulyo, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta. 

"Kami berseberangan dengan Pasar Beringharjo," ujar Andri. 

Untuk menuju tempat ini, Andri menyarankan wisatawan untuk menggunakan Trans Jogja atau ojek daring. Kendaraan pribadi kurang disarankan karena tidak ada tempat parkir yang memadai. Lokasinya pun tidak begitu dekat dari Teras Malioboro 1. 

Baca juga:

Teras Malioboro 1 buka setiap hari Senin hingga Minggu. Adapun jam buka pedagang kuliner dengan pedagang produk lainnya agak berbeda. 

Khusus kuliner, buka setiap hari mulai pukul 06.00 WIB hingga 23.00 WIB, sedangkan para pedagang oleh-oleh atau produk khas Yogyakarta baru buka dari sekitar pukul 08.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB. 

"Jam buka di sini untuk kuliner jam enam (pagi) sudah ada yang buka, sampai sekitar jam 11 malam," kata Andri. 

Baca juga: 10 Penginapan Murah Dekat Malioboro, Harga Rp 100.000-an Per Malam

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com