Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Lengkap Belanja di Teras Malioboro 1 Yogyakarta

Kompas.com - 17/10/2023, 12:31 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.comTeras Malioboro 1 merupakan tempat beraktivitas baru bagi para pedagang (PKL) yang dulunya berjualan di sepanjang Jalan Malioboro, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Wisatawan bisa berbelanja aneka produk atau oleh-oleh khas Yogyakarta dan sekitarnya, di pusat perbelanjaan ini.

Produk yang ditawarkan di tempat ini adalah produk yang sama yang bisa ditemukan di pinggir Jalan Malioboro. Mulai dari suvenir, kerajinan tangan, batik, kaos oblong, topi, sandal, hingga kuliner.

Baca juga: 4 Spot Foto Instagramable di Teras Malioboro 1, Ada Kutipan Puitis

"Yang dijual sama seperti yang dulu ada di jalanan Malioboro. Tas, baju, pernak-pernik, makanan juga ada," kata Komandan Keamanan Teras Malioboro 1, Andriyanto atau akrab dipanggil Andri, di lokasi, Jumat (13/10/2023).

Panduan lengkap ke Teras Malioboro 1 

Tertarik berbelanja atau sekedar melihat-lihat aneka ragam oleh-oleh khas Yogyakarta yang ditawarkan, simak panduan lengkap kunjungan ke Teras Malioboro 1 berikut ini:

Lokasi dan jam buka

Teras Malioboro 1 berlokasi di gedung eks-Bioskop Indra, tepat di seberang Pasar Beringharjo. Alamatnya di Jalan Margo Mulyo, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta.

Untuk menuju tempat ini, wisatawan sebaiknya menggunakan Trans Jogja atau ojek daring. Kendaraan pribadi kurang disarankan karena tidak ada tempat parkir yang memadai.

Teras Malioboro 1 buka setiap hari Senin hingga Minggu. Adapun jam buka pedagang kuliner dengan pedagang produk lainnya agak berbeda.

Baca juga: 4 Aktivitas Berkunjung ke Teras Malioboro 1, Belanja dan Berfoto

Khusus kuliner, buka setiap hari mulai pukul 06.00 WIB hingga 23.00 WIB. Sedangkan para pedagang oleh-oleh atau produk khas Yogyakarta baru buka dari sekitar pukul 08.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB.

Fasilitas Teras Malioboro 1

Bertemakan industrial modern, Teras Malioboro 1 adalah tempat berbelanja yang nyaman dan bersih dilengkapi dengan berbagai fasilitas, berdasarkan pengamatan Kompas.com.

Sejumlah fasilitas yang ada, antara lain eskalator, lift, mushala, area kuliner, toilet, ATM, ruang laktasi, serta spot foto yang estetis dan Instagramable. 

Teras Malioboro 1 secara keseluruhan terdiri dari bangunan A, B, C, dan D. Gedung A terdiri dari tiga lantai berisi kios oleh-oleh Yogyakarta. 

Para pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di lantai satu Teras Malioboro 1, Yogyakarta, pada Jumat (13/10/2023). KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Para pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di lantai satu Teras Malioboro 1, Yogyakarta, pada Jumat (13/10/2023).

Ada 888 kios yang menjajakan baju lurik, belangkon, aksesori, perhiasan, kacamata, topi, sandal, dan kerajinan kulit.

Lalu kios baju dan celana batik, tas rajut, tas canvas, pigura. Serta kios kaus oblong, kaus bordir Jogja, dan oleh-oleh makanan seperti bakpia, geplak, dodol. 

Baca juga: 6 Tips Belanja Oleh-oleh Yogya di Teras Malioboro 1, Bawa Uang Tunai

Sementara, Gedung B-D berbentuk semi outdoor, menyediakan aneka kuliner menarik. Mulai dari angkringan, roti bakar, siomay, bakso, bakmi, pecel, soto ayam, hingga cendol. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com