Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tempat Wisata Anak di Blora, Bisa Lihat Replika Fosil Gajah Purba 

Kompas.com - 17/10/2023, 22:44 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Apakah kamu berencana liburan ke Blora, Jawa Tengah? Jika iya, ada sejumlah destinasi yang menarik untuk dikunjungi termasuk tempat wisata untuk anak-anak.

Blora merupakan sebuah kabupaten yang berada di pesisir utara Jawa Tengah. Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Jawa Timur ini, merupakan penghasil migas di Indonesia, yakni Blok Cepu.

Baca juga:

Meskipun tidak berstatus sebagai kota pariwisata, Blora mempunyai sejumlah obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Wisata anak di Blora 

Kompas.com merangkum sejumlah tempat wisata anak di Blora, Jawa Tengah sebagai berikut, seperti dikutip dari Visit Jateng dan Dinas Pariwisata Kabupaten Blora.

1. Water Splash

Water Splash, Taman Sarbini, di Blora, Jawa Tengah, salah satu tempat wisata anak di Blora. 
Dok. Visit Jateng Water Splash, Taman Sarbini, di Blora, Jawa Tengah, salah satu tempat wisata anak di Blora.

Jika ingin mengajak anak-anak seru-seruan bermain di air, maka Water Splash bisa menjadi pilihan. Waterpark ini berlokasi di kawasan Taman Sarbini, tepatnya di Jalan Ahmad Yani, Desa Tempelan, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora.

Waterpark ini dilengkapi dengan beragam wahana permainan air yang seru, seperti perosotan, ember tumpah, dan sebagainya.

Setelah puas bermain air di Water Splash, wisatawan juga bisa berkunjung ke Taman Sarbini yang memiliki beragam wahana, antara lain kereta mini, becak air, bianglala, komedi putar, istana balon, bioskop 3D, bumper boat, dan sebagainya. 

2. Cepu Edupark 

3D Art peralatan migas di MC Edupark atau Cepu Edupark, Blora Dok. PPSDM Migas 3D Art peralatan migas di MC Edupark atau Cepu Edupark, Blora

Migas Cepu Edupark atau dikenal sebagai Cepu Edupark merupakan sebuah obyek wisata edukasi dan rekreasi yang berada di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Sesuai namanya, obyek wisata ini menyajikan wahana edukasi seputar migas. Maklum saja, sebab Cepu merupakan daerah produsen migas di Indonesia, yakni Blok Cepu yang dikelola oleh PT Pertamina (Persero).

Masyarakat yang ingin mengetahui seputar eksplorasi migas di Cepu, bisa mengunjungi Cepu Edupark. Lokasinya berada di Jalan Golf, Wonotejo, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora. 

Harga tiket Cep Edupark cukup ramah kantong, yakni Rp 20.000 per orang berlaku untuk weekday dan weekend. Selain wahana edukasi, adapula atraksi seru lainnya seperti waterboom, kolam arus, dan mini zoo.

3. Taman Seribu Lampu 

Taman Seribu Lampu adalah taman kota yang berada di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora. Berdasarkan informasi dari Tribun News Wiki, daya tarik obyek wisata ini adalah instalasi lampu unik yang tertata dengan cantik, sehingga menawarkan pemandangan Instagramable.

Selain instalasi lampu unik, pengunjung bisa menjumpai atraksi wisata lainnya yakni lokomotif tua dan tugu atau anjungan pompa minyak tradisional. Kedua atraksi wisata ini sekaligus menjadi ikon Cepu sebagai penghasil minyak dan gas di Indonesia.

4. Museum Fosil Gajah Purba

Museum Fosil Gajah Purba di Blora, Jawa Tengah, salah satu tempat wisata anak di Blora. Dok. https://www.blorakab.go.id/ Museum Fosil Gajah Purba di Blora, Jawa Tengah, salah satu tempat wisata anak di Blora.

Museum Fosil Gajah Purba berlokasi di Dusun Sunggun, Desa Mendalem, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora. Museum yang dibuka pada Maret 2009 ini, memiliki koleksi replika fosil gajah purba.

Selain rekreasi, mengajak anak-anak ke Museum Fosil Gajah Purba bisa menjadi sarana edukasi. Berdasarkan informasi dari situs Pemerintah Kabupaten Blora, fosil gajah purba tersebut adalah hasil ekskavasi (penggalian) pada 2009 lalu, yang menjadi salah satu penemuan spektakuler.

Fosil gajah purba Elephas Hysudrindicus (yang diperkirakan hidup sekitar 200.000-800.000 tahun silam), berhasil ditemukan dalam kondisi nyaris utuh, yakni 90 persen. Semasa hidupnya, gajah Elephas Hysudrindicus diperkirakan memiliki lima meter dan bobot delapan ton.

Saat ini, fosil gajah purba yang asli disimpan di Museum Geologi Bandung. Sedangkan, yang berada di Museum Fosil Gajah Purba, Blora adalah replika.

5. Alun-alun Blora  

Alun-alun Blora, Jawa TengahShutterstock/Rizal Ariawan Alun-alun Blora, Jawa Tengah

Mencari tempat wisata murah meriah yang bisa dikunjungi bersama anak-anak? Maka Alun-alun Blora bisa menjadi alternatif destinasi.

Area publik ini berada di pusat Kota Blora, tepatnya di Jalan Pemuda, Mlangsen, Kecamatan Blora. Ada beragam aktivitas yang dapat dilakukan di Alun-alun Blora bersama anak-anak.

Mulai dari bersepeda, bermain, jogging, kulineran, hunting foto, atau sekadar duduk santai. Setiap Minggu, Alun-alun Blora menjadi kawasan bebas kendaran alias car free day (CFD).

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com