Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Wisata Alam di Blora, Ada Goa dan Kawah Lumpur

Kompas.com - 17/10/2023, 16:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Blora merupakan sebuah kabupaten yang berada di pesisir utara Jawa Tengah. Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Jawa Timur ini, merupakan penghasil migas di Indonesia, yakni Blok Cepu.

Meskipun tidak berstatus sebagai kota pariwisata, Blora mempunyai sejumlah obyek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Wisata alam di Blora berupa goa, waduk, hutan, dan kawah lumpur. 

Baca juga:

Wisata alam di Blora 

Kompas.com merangkum sejumlah obyek wisata alam di Blora, Jawa Tengah sebagai berikut, seperti dikutip dari Visit Jateng dan Dinas Pariwisata Kabupaten Blora.

1. Goa Sentono 

Goa Sentono, yang berada di lembah Bengawan Solo, di Blora, Jawa TengahDok. Visit Jateng Goa Sentono, yang berada di lembah Bengawan Solo, di Blora, Jawa Tengah

Goa Sentono berada di kawasan lembah Bengawan Solo, tepatnya di Desa Mendenrejo, Kecamatan Kradenan, Blora.

Konon, dulunya terdapat padepokan kecil bernama Sentono dipimpin Ki Blacak Ngilo, yang merupakan bekas prajurit Kerajaan Majapahit, berdasarkan informasi dari situs Visit Jateng.

Berada di lembah Bengawan Solo yang subur, menjadikan Goa Sentono dikelilingi area sawah. Selain itu, terdapat tebing bebatuan di sekitar goa, sehingga menampilkan pemandangan eksotis.

2. Goa Terawang

Goa Terawang, salah satu wisata alam di Blora, Jawa Tengah. Wikimedia Commons Goa Terawang, salah satu wisata alam di Blora, Jawa Tengah.

Wisata goa di Blora yang terkenal lainnya adalah Goa Terawang. Lokasinya berada di Desa Kedung Wungu, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora. 

Daya tarik Goa Terawang adalah lubang besar alami yang menyebabkan sinar matahari masuk ke dalam Goa. Sekilas, fenomena tersebut serupa dengan Goa Jomblang di Gunungkidul, Yogyakarta.

Goa Terawang memiliki luas mencapai 13 hektare, yang dapat diakses menggunakan kendaraan roda dua dan empat.

3. Goa Kidang 

Sekitar 2 kilometer (km) dari Goa Terawang, wisatawan bisa menjumpai Goa Kidang. Berdasarkan informasi dari situs Pariwisata Kabupaten Blora, ditemukan kerangka manusia yang usianya diperkirakan 7770 - 9600 tahun di goa ini. 

Oleh para peneliti, kerangka manusia ini dinamakan Manusia Karst Goa Kidang. Berdasarkan hasil penelitian, Manusia Karst Goa Kidang diprediksi hidup pada Zaman Holocen sekitar 9560 - 9300 sebelum masehi.

Situs arkeologi Goa Kidang terletak di Desa Tinapan, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora. Akses ke goa ini bisa menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua.

Baca juga:

4. Goa Maria Sendang Harjo 

Goa Maria Sendang Harjo merupakanw wisata alam sekaligus religi di Blora. Lokasinya berada di Desa Sendangharjo, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora. 

Wisata Blora yang satu ini, memiliki nilai sejarah karena menjadi saksi penyebaran agama Katholik di kawasan Blora. Disebut Goa Maria karena  terdapat patung dari Bunda Maria di kawasan goa.

Selain tempat wisata religi, Goa Maria Sendang Harjo merupakan destinasi wisata alam yang indah, karena dikelilingi dengan pepohonan yang asri. Obyek wisata ini cocok dkunjungii bersama keluarga.

5. Waduk Tempuran

Waduk Tempuran, salah satu wisata alam di Blora, Jawa TengahShutterstock/Husni Waduk Tempuran, salah satu wisata alam di Blora, Jawa Tengah

Waduk yang berfungsi sebagai irigasi ini, dibangun pada 1916 oleh Belanda. Waduk yang memiliki luas genangan 44,23 hektare ini, berada di Desa Tempuran, Kabupaten Blora.

Selain menikmat pemandangan sekitar, pengunjung bisa melakukan beragam aktivitas seperti naik speedboat, perahu, dan sebagainya. Terdapat warung di sekitar waduk yang menjajakan kuliner lezat seperti ikan bakar dan menu seafood lainnya.

Selain menjadi destinasi wisata, Waduk Tempuran juga kerap digunakan untuk latihan oleh para atlet olahraga dayung. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com