Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Tempat Wisata Dekat Stasiun Kereta Cepat Whoosh 

Kompas.com - 19/10/2023, 14:50 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) alias Whoosh sudah resmi beroperasi pada Senin (2/10/2023) lalu. Saat ini, kereta cepat Whoosh melalui tiga stasiun meliputi, Stasiun Halim, Stasiun Padalarang, dan berakhir di Stasiun Tegalluar.

Sebetulnya, masih ada satu stasiun lagi, yakni Stasiun Karawang. Namun, pembangunan Stasiun kereta cepat di Karawang, Jawa Barat belum rampung.

Baca juga:

Sebelum atau sesudah melakukan perjalanan dengan kereta cepat Whoosh, penumpang bisa mampir ke sejumlah tempat wisata dekat stasiun.

ilustrasi kereta cepat whoosh
Dok. PT KCIC ilustrasi kereta cepat whoosh

Wisata dekat stasiun kereta cepat Whoosh

Kompas.com merangkum tempat wisata dekat stasiun kereta cepat Whoosh sebagai berikut.

1. Tebet Eco Park 

Spot foto di Tebet Eco Park, Jakarta SelatanKOMPAS.com/Faqihah Muharroroh Itsnaini Spot foto di Tebet Eco Park, Jakarta Selatan

Tebet Eco Park adalah taman kota yang ditata dengan cantik serta dilengkapi beragam wahana menarik. Lokasinya dekat dengan stasiun kereta cepat Halim, sekitar 4,9 kilometer (km).

Tepatnya di Jalan Tebet Barat Raya, RT 1/RW10, Tebet Barat, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan.

Mengutip Kompas.com (25/4/2022), daya tarik taman seluas 7 hektar ini adalah berbagai spot instagramable, seperti Infinity Link Bridge, taman tematik, dan jembatan kayu. Selain itu, Tebet Eco Park dilengkapi dengan fasilitas seperti area UMKM, kolam, taman bermain anak, dan sebagainya.

2. Mall Cipinang Indah

Mall Cipinang Indah merupakan salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta Timur. Alamatnya berada di Jalan Raya Kalimalang Nomor 18, Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Stasiun kereta cepat terdekat dari pusat perbelanjaan ini adalah Stasiun Halim yang berjarak sekitar 3,5 km atau 11 menit berkendara. Mall Cipinang Indah menawarkan beragam tenant dari makanan, aksesoris, pakaian, sepatu dan sandal, kebutuhan sehari-hari, dan sebagainya.

3. Goa Dayeuh

Goa Dayeuh berada di Desa Tamansari, Kecamatan Pangkalan Loji, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Stasiun kereta cepat terdekat dari wisata alam ini adalah stasiun kereta cepat Karawang.

Jadi, kamu bisa mengunjungi goa ini setelah Stasiun Karawang resmi beroperasi. Melansir dari Tribun News Wiki, daya tarik Goa Dayeuh adalah bentuknya yang menyerupai benteng dengan ketinggian sekitar 15 meter.

Pengunjung akan menjumpai beberapa anak tangga untuk menuju goa. Selain itu, sungai yang berasal dari mata air alami sehingga masih jernih.

Saat memasuki pintu masuk Goa Dayeuh, pengunjung akan disambut oleh beberapa ekor monyet yang jinak. Goa ini dikelilingi pedesaan yang asri.

Baca juga:

4. Wisata Alam Kaliwungu 

Obyek wisata alama ini berada di tengah kawasan industri, yakni Karawang International Industry City (KIIC). Lokasinya berjarak sekitar 12 km dari stasiun kereta cepat Karawang.

Wisata Alam Kaliwungu berupa taman hijau yang dilengkapi dengan beragam wahana dan fasilitas. Meliputi, restoran, camping ground, spot foto, danau buatan, wahana ATV, taman kelinci, taman bermain anak, dan sebagainya.

Taman hijau ini ibarat oase di tengah kawasan industri Karawang yang gersang. Tidak heran jika obyek wisata ini populer di kalangan warga sekitar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com