Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Januari-Agustus 2023, Ada 104.236 Wisatawan ke Labuan Bajo

Kompas.com - 19/10/2023, 15:19 WIB
Nansianus Taris,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Dari Januari 2023 hingga Agustus 2023, jumlah kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), sebanyak 104.236 wisatawan. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Manggarai Barat, Pius Baut menyampaikan bahwa dari jumlah ini, wisatawan nusantara (wisnus) mendominasi kunjungan, disusul oleh wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan lokal.

Baca juga:

"Wisatawan nusantaranya ada 53.367, wisatawan mancanegara ada 48.306, dan lokal ada 2.563," ucap Pius saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (19/10/2023).

Ia melanjutkan, pendapatan asli daerah (PAD) dari kunjungan wisatawan tersebut hingga saat ini adalah sebanyak Rp 5,38 juta (Rp 5.381.820.000).

Baca juga: Labuan Bajo Dinilai Belum Dikenal Turis China, Perlu Promosi Intensif

Ilustrasi penyelenggaraan acara di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ilustrasi penyelenggaraan acara di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Tingkat kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo diharapkan terus meningkat hingga akhir tahun terus sehingga PAD tahun 2023 bisa meningkat pula.

Sebagai informasi, Labuan Bajo terkenal akan beragam daya tarik alamnya. Sejumlah tempat wisata bisa dikunjungi, antara lain Pink Beach Komodo yang terkenal akan pasirnya berwarna merah muda dan Pulau Taka Makassar yang hanya ada ketika air laut surut.

Ada pula Waterfront Labuan Bajo yang kerap dijadikan lokasi penyelenggaraan acara dan Kampung Budaya Compang To'e Melo untuk mengetahui budaya khas Manggarai.

Baca juga:

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com